in

Sudah Zona Hijau, Muncul 26 Kasus Covid-19 di Tegal Setelah Tes Massal

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak 300 warga Kota Tegal mengikuti tes massal Covid-19. Hasilnya, ada 26 orang dinyatakan positif. Padahal, dari 300 orang yang dites, 200 orang belum keluar hasilnya.

Sejak 4 Juli, Kota Tegal berstatus zona hijau tanpa penambahan kasus positif, pasien dalam pengawasan (PDP), maupun orang dalam pemantauan (ODP). Setelah Dinas Kesehatan Jateng turun langsung melakukan tes PCR terhadap ratusan warga, diketahui ada warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski ada 26 kasus baru, Pemkot Tegal belum merilis data terbaru covid-19 di wilayahnya. Hingga Kamis (8/7/2020) pukul 19.30, laman corona.tegalkota.go.id, masih mencatatkan 2 orang positif covid-19 dalam perawatan, yakni satu pasien merupakan warga Kota Tegal dan satu bukan warga Kota Tegal.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menampik tudingan bahwa Pemkot Tegal sengaja menutupi data pertambahan kasus positif Covid-19. Pemkot Tegal mungkin belum sempat merilis data terbaru.

“Setelah ini akan saya minta untuk upload (data terbaru), mungkin belum sempat. Mungkin mereka merasa bahwa Kota Tegal sudah hijau maka merasa tenang, maka terus tidak dilakukan tes lagi, bukan menutupi. Tapi kami sudah sepakat untuk tidak menunda melaporkan perkembangan kasus Covid-19 supaya data sinkron dengan pusat,” terangnya.

Pihaknya mengaku siap membantu pelaksanaan tes massal. “Pemkot Tegal tidak sendirian. Pemprov Jateng siap membantu tes. Sampai hari ini, Wonogiri tesnya masih berjalan. Tadi malam Pak Sekdanya masih telepon saya minta bantuan VTM (Viral Transport Media) lagi. Maka akan segera kami kirim,” tandasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.