in

Robot Penerima Tamu di Balai Kota Semarang Didesain Bisa Pindai KTP

SEMARANG (jatengtoday.com) – Balai Kota Semarang bakal menerapkan sistem pelayanan menggunakan teknologi robot. Untuk inovasi ini, Pemkot Semarang menggandeng Universitas Diponegoro (Undip).

Teknologi robot berperan sebagai greeter atau penerima tamu di kantor Wali Kota Semarang. Robot tersebut didesain dapat berjalan untuk menghampiri tamu yang datang, serta menunjukkan berbagai pilihan keperluan masyarakat yang datang di area Balai Kota Semarang.

Robot ini dinilai sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi saat ini agar bisa mengurangi tatap muka antar warga, sehingga bisa menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelayanan publik.

“Salah satu fiturnya bisa mendata masyarakat dengan memindai KTP siapa saja yang menggunakan layanan robot ini,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Selasa (27/4/2021).

Dikatakannya, untuk merealisasikan pengaplikasian robotik ini pihaknya menggandeng Undip. Sebelumnya telah memulai dengan merintis robot dengan model denok kenang.

“Alasan pengembangan sistem robot ini salah satunya adalah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam kegiatan pelayanan publik. Kita coba robot ini bisa bekerja dengan sistem touchless atau tanpa sentuhan, sehingga benar-benar tepat manfaat di era pandemi ini,” katanya.

BACA JUGA: Kontradiksi Kampung Pemulung di Tengah Gemerlap Smart City

Kepala Sub Bagian TU Kepala Daerah dan Staf Ahli, Sarifa mengatakan, penerapan sistem robot dalam pelayanan tamu di Kantor Wali Kota Semarang akan segera difungsikan. “Nanti akan difungsikan untuk mendukung pendataan tamu, keperluan tamu, dan data-data lain. Harapannya akan mampu menyempurnakan cara-cara konvensional dalam melayani tamu kepala daerah,” ujarnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Abdul Mughis