in

Realisasi Investasi di Jateng Capai Rp 37,53 Triliun

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jateng tampaknya menjadi wilayah yang seksi di mata investor. Hal tersebut dilihat dari realisasi investasi yang melebihi target.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menjelaskan, meski pandemi, sampai triwulan III 2020 realisasi investasi mencapai Rp 37,53 triliun atau 139 persen dari target Rp 26,99 triliun.

“Artinya jateng masih kompetitif di mata investor. Realisasi investasi terbesar ada di sektor kelistrikan, gas, dan air. Kemudian ada transportasi, pergudangan, telekomunikasi, mineral, logam industri makanan dan jasa lainnya,” terangnya saat pembukaan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) di Gumaya Tower Hotel Semarang, Rabu (11/11/2020).

Di kegiatan rutin tahunan ini, pihaknya menawarkan sejumlah investasi yang ada di seluruh kabupaten/kota di Jateng. Total, ada 76 peluang investasi yang ditawarkan.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Jateng, Ratna Kawuri menerangkan, event CJIBF 2020 bertema ‘Investment Recovery for Economic Recovery’ tersebut merupakan kerjasama Pemprov Jateng dengan Bank Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

“Adapun peserta yang terdaftar 389 orang pendaftar akun. Peserta webinar 263 orang, 32 orang dari Amerika 17 orang dari Australia, 9 orang dari Tiongkok, 6 orang dari Taiwan, 1 orang dari Singapura, 2 orang dari Malaysia, dan 1 orang dari Hongkong. Sementara untuk peserta one on one meeting ada 80 orang,” paparnya.

“Sementara itu, sudah terdaftar kepeminatan untuk 45 proyek di 23 kabupaten/kota, dan 21 kepeminatan industri,” tambahnya. (akr)

editor: ricky fitriyanto