in

PSSI Gelar Fruto Liga SSB Jateng, Siapkan Total Hadiah Rp 60 Juta

Kompetisi ini merupakan Liga SSB tingkat provinsi pertama di Indonesia.

Launching Fruto Liga SSB Jateng 2022 di Semarang, Jumat (1/7/2022). (ajie mahendra/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Asprov PSSI Jateng resmi melaunching Fruto Liga Sekolah Sepak Bola (SSB) tingkat Jawa Tengah. Kompetisi yang digelar 4-28 Agustus 2022 ini memperebutkan total hadiah Rp 60 juta.

Ketua Asprov PSSI Jateng, AS Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi menjelaskan, liga ini diikuti 70 tim yang yang dibagi menjadi 3 kelompok umur.

Rinciannya, 24 tim KU12, 24 tim KU14, dan 22 tim KU15 tahun. “Kompetisi dimulai dari tingkat ekskaresidenan. Ada 6 ekskaresidenan. Nanti para pemenang dari masing-masing ekskaresidenan akan dipertemukan,” ucapnya di Semarang, Jumat (1/7/2022).

Dijelaskan, kickoff akan dilakukan serentak pada 4 Agustus 2022. Untuk ekskaresidenan Semarang digelar di Kota Semarang, ekskaresidenan Pekalongan di Batang, ekskaresidenan Banyumas di Purwokerto, ekskaresidenan Surakarta di Boyolali, ekskaresidenan Kedu di Kabupaten Magelang, dan ekskaresidenan Pati di Grobogan.

“Nanti grandfinal akan digelar di Stadion Citarum Semarang tanggal 23-28 Agustus,” tuturnya.

Turunkan Tim Pemandu Bakat

Lebih lanjut, Yoyok memebeberkan, PSSI akan menurunkan tim pemandu bakat untuk memantau pemain muda berpotensi yang berlaga di Fruto Liga SSB Jateng.

Mereka yang terpantau menonjol akan diberikan kesempatan berlatih di PSIS Academy, atau bahkan dikirim ke Garuda Select yang berlatih di Eropa.

Yoyok mencontohkan nama Pratama Arhan yang saat usia dini juga ikut SSB. Kini, pemain tersebut bermain untuk klub Tokyo Verdi Jepang.

“Setiap generasi Timnas selalu ada pemain asal Jateng dan mereka dulunya anak-anak SSB. Jadi, tunjukkan kemampuan terbaik dan bertanding menjunjung fair play”, pesannya.

Mengenai fair play, Yoyok berjanji akan tegas terhadap wasit. Jika diketahui ada yang bermain curang atau berat sebelah, wasit tersebut akan di-blacklist.

“Kami ingin kompetisi ini benar-benar fair play. Kalau ada wasit yang curang, akan langsung dicoret dan tidak akan menjadi wasit lagi di seluruh pertandingan di Jateng,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager PT Intrafood Singabera Indonesia, Awang Prihandono mengaku bangga bisa menjadi sponsor utama Fruto Liga SSB Jateng.

Apalagi, produk terbarunya berupa minuman rasa buah berlabel Fruto, membidik pasar anak-anak.

“Kebetulan produk kami juga pas dikonsumsi anak-anak, Fruto kami produksi dengan standar kesehatan yang tinggi,” tandasnya. (*)

Ajie MH.