in

PSIS vs Arema: Septian David Cetak Gol Spektakuler, Mahesa Jenar Menang 2-0

Kemenangan ini membawa PSIS naik ke peringkat ke-5 dengan poin 11.

Septian David Maulana (kanan) menjadi bintang kemenangan PSIS atas Arema FC, Rabu (9/8/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang kembali ke jalur kemenangan usai mengalahkan Arema FC dengan skor 2-0 di Stadion Jatidiri, Rabu (9/8/2023). Septian David Maulana memborong dua gol kemenangan Mahesa Jenar, salah satunya gol spektakuler dari sepak pojok.

Memainkan laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024, PSIS menurunkan pemain yang sama seperti saat mereka kalah dari Madura United. Septian David Maulana kembali bermain sebagai penyerang tengah menggantikan Carlos Fortes yang masih menjalani hukuman.

Arema yang datang dengan misi meraih kemenangan pertama musim ini langsung menggebrak sejak awal pertandingan. Singo Edan lebih dulu menciptakan peluang di menit kelima melalui tendangan bebas Bagas Adi Nugroho tapi tepat mengarah ke penjaga gawang.

Hingga 10 menit pertandingan tuan rumah masih kesulitan mengalirkan serangan. Justru tim tamu kembali menghadirkan ancaman di menit ke-11. Gustavo Almeida melepaskan sepakan kaki kiri usai menerima sodoran dari Jayus Hariono, namun Adi Satryo dengan sigap menepis bola.

Perlahan PSIS mulai keluar dari tekanan dan menciptakan peluang pertama di menit ke-17. Gali Freitas merangsek hingga ke dalam area penalti dan melepaskan sepakan keras tapi bisa ditepis kiper Julian Schwarzer.

Mahesa Jenar mendapat peluang emas di akhir babak pertama. Berawal dari serangan balik, Riyan Ardiansyah menyisir di sisi kiri yang kemudian mengirim bola ke arah gawang dan lagi-lagi digagalkan Schwarzer.

Masuknya Taisei Marukawa di awal babak kedua membuat intensitas serangan PSIS semakin meningkat. Namun gol yang ditunggu baru tercipta di menit ke-67.

Tuan rumah mendapat sepak pojok di sisi kanan pertahanan Singo Edan. Septian David Maulana yang menjadi eksekutor melepaskan tendangan melengkung yang langsung meluncur ke arah gawang tanpa mampu dicegah Julian Schwarzer.

Septian David nyaris menggandakan skor di menit 70. Umpan terobosan Gali Freitas berhasil disambar Septian namun tendangan kaki kanan kapten PSIS digagalkan tiang gawang.

Arema bereaksi dan berhasil menciptakan dua peluang beruntun di menit 72. Ichaka Diarra menyambut umpan sepak pojok dengan sundulan kepala yang masih bisa dihalau Adi Satryo. Melalui skema yang sama bek Arema tersebut kembali melepaskan sundulan dan lagi-lagi digagalkan kiper PSIS.

Septian David akhirnya sukses menambah keunggulan PSIS di menit 74. Gali Freitas dengan cerdik mengirim umpan kepada Septian David setelah mengecoh Mikael Tata. Dengan sekali sontekan, David mengelabui Julian Schwarzer dan membawa tuan rumah memimpin 2-0.

Peluang terakhir PSIS dihadirkan Luthfi Kamal di menit 89. Pemain yang menggantikan Gian Zola tersebut menjadi eksekutor tendangan bebas namun digagalkan kiper Arema.

Skor 2-0 bertahan sampai peluit akhir dibunyikan. Hasil tersebut menyudahi rekor negatif PSIS yang tidak pernah menang dalam tiga pertandingan sebelumnya.

Kemenangan ini membawa PSIS naik ke peringkat ke-5 dengan poin 11. Sedangkan Arema yang baru mengoleksi dua poin masih terpuruk di dasar klasemen.

Susunan Pemain 

PSIS Semarang: Adi Satryo–Bayu Fiqri, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Giovani Numberi/Haykal Alhafiz (66′); Alfeandra Dewangga/Rizky Dwi Pangestu (81′), Boubacary Diarra; Paulo Gali Freitas, Gian Zola/Luthfi Kamal (66′), Riyan Ardiansyah/Taisei Marukawa (58′); Septian David Maulana/Delfin Rumbino (81′)
Arema FC: Julian Schwarzer–Hamdi Sula, Ichaka Diarra, Bagas Adi Nugroho/Syaeful Anwar (89′), Mikael Tata; Jayus Hariono/Achmad Maulana Syarif (81′), Charles De Almeida/Arkhan Fikri (81′); Dendi Santoso, Muhammad Rafli/Pablo Angel Licero (51′), Dedik Setiawan; Gustavo Almeida/Greg Nwokolo (89′)
(*)
Tri Wuryono