in

Persik vs PSIS: Taisei Marukawa Pastikan Kemenangan Mahesa Jenar

Kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi PSIS Semarang sebelum menjamu Persebaya Surabaya pekan depan. 

Taisei Marukawa menjadi penentu kemenangan PSIS atas Persik di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (4/2/2023). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

KEDIRI (jatengtoday.com) – PSIS Semarang sukses mengalahkan tuan rumah Persik Kediri dengan skor 2-1 pada pertandingan pekan ke-22 BRI Liga 1 di Stadion Brawijaya, Sabtu (4/2/2023). Septian David Maulana dan Taisei Marukawa memastikan keunggulan Mahesa Jenar atas Macan Putih.

Pertandingan belum genap semenit, Faris Aditama nyaris membawa tim tuan rumah memimpin. Memanfaatkan kesalahan pemain PSIS, kapten Persik tersebut tinggal berhadapan dengan kiper, tapi gagal mengarahkan bola ke gawang. Sepakannya masih terkena kaki Adi Satryo.

Mahesa Jenar merespons melalui Vitinho di menit ke-2. Rekrutan baru PSIS itu berhasil mengecoh M Fisabillah dan melepaskan tendangan ke arah gawang namun bisa diblok oleh kiper.

Tim tamu menghadirkan ancaman lainnya di menit ketujuh ketika sepakan keras Luthfi Kamal masih melayang di atas mistar. Tapi, PSIS akhirnya sukses memimpin atas tuan rumah di menit ke-8.

Septian David Maulana mengecoh empat pemain Persik dan diakhiri dengan sepakan kaki kiri yang tidak mampu diantisipasi kiper Dikri Yusron.

Persik baru berhasil menciptakan peluang berbahaya di menit ke-20. Flavio Silva melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti tapi masih tepat mengarah ke penjaga gawang.

Septian David hampir saja menambah keunggulan PSIS di menit ke-26. Taisei Marukawa mengirim umpan dari sayap kiri dan berhasil dijangkau Septian David namun bisa digagalkan kiper Dikri Yusron dengan kaki kanan.

Mahesa Jenar harus kehilangan Carlos Fortes yang mengalami cedera di menit 29. Posisinya kemudian digantikan oleh Hari Nur Yulianto.

Gawang PSIS Semarang yang dikawal Adi Satryo akhirnya bobol di injury time babak pertama. Renan Silva berhasil melewati Bayu Fiqri dan melepaskan umpan mendatar yang disambut dengan tendangan Bayu Otto untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

PSIS kembali melakukan pergantian pemain di awal babak kedua setelah Adi Satryo mengalami cedera dan digantikan oleh Aldhila Ray Redondo.

Tuan rumah lebih meningkatkan intensitas serangan selepas jeda. Tapi beberapa kali percobaan Renan Silva dkk gagal menembus perangkap offside PSIS Semarang.

Taisei Marukawa mendapat peluang emas di menit 57. Winger PSIS itu lolos hingga menusuk ke dalam area penalti sebelum terjatuh karena terlibat duel dengan penjaga gawang Dikri Yusron. Tapi wasit tidak menganggap sebagai pelanggaran.

Persik kembali menghadirkan ancaman melalui Flavio Silva dan Fitrah Ridwan di menit 72 dan 75. Namun belum mampu memberikan keunggulan buat Macan Putih karena sepakannya bisa ditepis Redondo.

PSIS Semarang akhirnya mampu mencetak gol kedua di menit ke-88. Pemain pengganti, Fredyan Wahyu Sugiantoro mengirim umpan silang usai bekerja sama dengan Vitinho. Taisei Marukawa lolos dari pengawasan pemain Persik dan menyundul bola ke sudut kiri gawang.

Tuan rumah hampir menyamakan kedudukan di injury time. Namun tendangan Bayu Otto melambung di atas gawang.

Mahesa Jenar berhasil mengamankan keunggulan sekaligus meraih tiga poin di markas Macan Putih. Hari Nur Yulianto dkk kini menempati peringkat kedelapan dengan poin 29 dari 21 kali bermain. Sedangkan Persik belum beranjak dari posisi 17 dengan 16 poin.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi PSIS Semarang sebelum menjamu Persebaya Surabaya pekan depan.

Susunan Pemain

Persik Kediri: Dikri Yusron–Agil Munawar, Anderson, M Fisabillah, Yusuf Meilana; Rohit Chand, Bayu Otto; Faris Aditama/Ferinando Pahabol (70′), Renan Silva/Fitrah Ridwan (70′), Miftahul Hamdi/Riyatno Abiyoso (46′); Flavio Silva/M Khanafi (94′)
PSIS Semarang: Adi Satryo/Aldhila Ray Redondo (46′)–Bayu Fiqri/Fredyan Wahyu (75′), Wahyu Prasetyo/Alfeandra Dewangga (52′), Meru Kimura, Taufik Hidayat; Septian David Maulana/Ryo Fujii (75′), Luthfi Kamal, Ridho Syuhada; Vitinho, Carlos Fortes/Hari Nur Yulianto (29′), Taisei Marukawa
(*)
Tri Wuryono