in

PSIS Semarang Resmikan Training Ground Baru di Mranggen

Wisesa Soccer Field merupakan bagian proyek jangka panjang dari PSIS Development.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi memberikan keterangan terkait pembukaan training ground Wisesa Soccer Field di Mranggen, Demak, Rabu (28/9/2022). (foto: jatengtoday.com)

DEMAK (jatengtoday.com) – PSIS Semarang meresmikan training ground baru yang akan menjadi tempat latihan bagi tim senior hingga tim elite pro academy. Bertempat di Perumahan Pondok Majapahit 1, Bandungrejo, Mranggen, Demak, training ground ini masih akan dikembangkan dengan menambah boarding school.

Soft launching training ground bernama Wisesa Soccer Field tersebut dilakukan pada Rabu (28/9/2022) sore dengan menghadirkan para penggawa Mahesa Jenar dan Muspida setempat.

CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi mengatakan, Wisesa Soccer Field menjadi training ground ketiga yang dimiliki Tim Ibu Kota Jawa Tengah. Sebelumnya, PSIS sudah punya training ground di Stadion Citarum dan Lapangan Mardi Soenarto Banyumanik.

“Training ground ini akan kita gunakan untuk tim PSIS, baik tim utama, development maupun EPA (elite pro academy) dan juga tim PSIS putri. Nantinya akan kita bagi di tiga training ground yang kita punya yakni di Citarum, Lapangan Mardi Soenarto dan Wisesa Soccer Field,” kata Yoyok Sukawi.

Menurut Yoyok, Wisesa Soccer Field berbeda dengan dua training ground lainnya karena memiliki lahan yang luas sehingga ke depan akan dikembangkan. Proyek pengembangan di atas lahan seluas 7 hektar tersebut ditargetkan selesai pada 2025.

“Wisesa Soccer Field ini berbeda karena di sini memiliki tanah yang cukup luas sehingga masih memungkinkan untuk kita kembangkan. Yang utama adalah lapangan latihan, selanjutnya akan kita bangun mes, termasuk boarding school PSIS development,” ujarnya.

Proyek Jangka Panjang

Anggota Komisi X DPR RI ini menambahkan bahwa pembukaan Wisesa Soccer Field merupakan bagian proyek jangka panjang dari PSIS Development.

“Untuk development kami memang punya proyek jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk yang panjang adalah dengan memperbaiki infrastruktur karena PSIS ingin terus memproduksi pemain-pemain berkualitas,” katanya.

Di luar pemakaian latihan PSIS Semarang, lapangan ini juga akan disewakan untuk masyarakat sekitar. “Kita juga akan buat ruang meeting yang nantinya bisa digunakan untuk kegiatan pelatihan pelatih dan wasit sehingga bisa terintegrasi,” tutur Yoyok Sukawi.

Sementara, pembina PSIS Semarang, Sukawi Sutarip mengaku bersyukur atas selesainya pembangunan lapangan ini. Mantan Wali Kota Semarang tersebut mengajak masyarakat sekitar untuk ikut membantu merawat lapangan Wisesa Soccer Field.

Selain itu, Sukawi berharap kehadiran Wisesa Soccer Field bisa berdampak baik untuk warga sekitar dan bisa membuat sejahtera.

“UMKM semoga bisa ikut laris karena lapangan ini bakal didatangi oleh banyak orang terutama PSIS Semarang. Selain itu semoga dengan adanya lapangan ini bisa menginspirasi anak-anak sekitar untuk bermain bola dan jadi pemain PSIS di masa depan,” ucapnya. (*)

Tri Wuryono