in

Resmi Pimpin Askot PSSI Semarang, Yoyok Sukawi Janji Benahi Kompetisi Internal

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ketua Asosiasi PSSI Kota Semarang, Yoyok Sukawi mencanangkan pembenahan kompetisi internal untuk menjaring atlet-atlet muda potensial. Pembinaan di kelompok umur jadi prioritas.
Yoyok Sukawi dan jajaran pengurus Askot PSSI Semarang periode 2019-2023 resmi dilantik oleh Ketua Asprov PSSI Jateng, Edi Sayudi di Grand Candi Hotel, Sabtu (4/1/2020). Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara dan Kepala Dispora Suhindoyo.
Sebelumnya, Yoyok terpilih dalam Muskot Askot PSSI Semarang pada 11 Oktober 2019 silam. Pria yang juga anggota DPR RI itu mengungguli calon incumbent Supriyadi.
Yoyok menyebut ada tiga agenda awal yang akan dilakukan asosiasi di bawah kepemimpinannya. Langkah pertama, menurutnya adalah menyusun program kerja selama setahun ke depan.
“Hari ini kami mengadakan rapat kerja untuk menyusun program kerja di tahun 2020. Seperti yang disampaikan Mas Arnaz bahwa perencanaan harus baik. Makanya dalam rapat kerja ini 25 klub anggota bisa ikut terlibat, sehingga pada saat program kerja itu jadi bisa dilaksanakan bersama-sama,” kata Yoyok.
Selain itu, asosiasi akan menyusun AD/ART atau statuta yang mengacu pada Asprov dan PSSI pusat. “Statuta ini penting agar ada payung hukum yang jelas, sehingga semua bisa berjalan sesuai aturan, tidak jalan sendiri-sendiri,” Yoyok menambahkan.
Pria bernama lengkap Alamsyah Satyanegara Sukawijaya itu juga bakal membenahi kompetisi internal. Dia akan memprioritaskan pembinaan kelompok umur sehingga bisa bersinergi dengan PSIS Semarang.
“Kompetisi akan kami benahi agar benar-benar bisa berkontribusi terhadap pembinaan di Kota Semarang, entah itu untuk Porprov, PON atau PSIS,” tandasnya.
“Khusus sinergi dengan PSIS, nantinya kompetisi antarklub ini mengikuti program PSIS. PSIS kan ikut kompetisi U-16, U-18 dan U-20, sehingga kompetisi yang diputar Askot harus satu tahun di bawahnya, U-15, U-17 dan U-19,” kata Yoyok yang juga menjabat CEO PSIS.
Dalam kepengurusan kali ini, Yoyok juga menggandeng sejumlah tokoh sepakbola Semarang. Di antaranya Sartono Anwar, Firmandoyo hingga Iwan Anggoro. (*)
editor : tri wuryono

Tri Wuryono