in

PSIS Musim Ini: Kepayahan di Kandang, Main Tandang Belum Menang

Setelah Persebaya, PSIS Semarang bakal kembali melakoni dua laga away beruntun.

Pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre (foto: dokumentasi PT LIB)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kekalahan dari Persebaya Surabaya semakin menambah buruk catatan tandang PSIS Semarang musim ini. Performa skuad besutan Sergio Alexandre di laga kandang juga belum cukup meyakinkan.

PSIS kembali menelan kekalahan pada laga tandang ketiga di BRI Liga 1 2022/2023. Pasukan Mahesa Jenar takluk 0-1 dari tuan rumah Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (23/8/2022). Gol Marselino Ferdinan di penghujung pertandingan menjadi pembeda.

Kekalahan yang pantas disesali karena gol tercipta di menit ke-4 injury time atau semenit sebelum wasit meniup peluit. Tapi Persebaya memang layak memeroleh ‘hadiah’ atas jerih payah mereka di sepanjang laga.

Baca Juga: Gol Marselino di Injury Time Menangkan Persebaya atas PSIS

Marselino Ferdinan dkk menunjukkan dominasinya atas PSIS. Berdasarkan catatan statistik Liga1Match, Bajul Ijo unggul penguasaan bola 67 persen berbanding 33 persen milik Mahesa Jenar.

Persebaya melepaskan 23 tembakan dan 12 di antaranya tepat sasaran, termasuk sepakan Ahmad Nufiandani dan Juninho yang dimentahkan tiang gawang. Sedangkan PSIS hanya bisa menghasilkan 9 percobaan dan tiga yang mengarah ke gawang.

Gol di menit akhir seakan menjadi de javu bagi PSIS. Mereka juga pernah mengalami situasi serupa ketika takluk 1-2 oleh Arema FC pada pekan kedua di Stadion Kanjuruhan Malang. Saat itu gol penentu kemenangan yang dicetak Sergio Silva tercipta di menit ke-95.

PSIS Semarang juga gagal menambah poin kala bermain away ke markas Persib Bandung di pekan ke-4. Laga yang diwarnai sejumlah keputusan kontroversial itu berkesudahan dengan skor 1-2.

Baca Juga: PSIS Punya Skuad Mantap, Statistiknya Malah Paling Jeblok

Saat tampil di kandang sendiri, PSIS pun masih angin-anginan. Setelah diimbangi RANS Nusantara 1-1 di pekan pertama, Mahesa Jenar hanya mampu menang tipis atas Barito Putera dan Persik Kediri dengan skor 2-1.

“Kami sebenarnya sudah menyiapkan plan untuk pertandingan home maupun away. Tapi terkadang apa yang sudah kami rencanakan tidak berjalan sesuai harapan,” kata pelatih PSIS Sergio Alexandre seusai pertandingan melawan Persebaya.

“Situasi ini normal saja di sepak bola. Sekarang kami harus bekerja keras dan melangkah maju, suatu saat kemenangan tandang pasti akan datang,” ujarnya.

Setelah Persebaya, PSIS Semarang bakal kembali melakoni dua laga away beruntun. Dewa United akan menjadi lawan Frendi Saputra cs pada 29 Agustus sebelum derby Jateng melawan Persis Solo di Stadion Manahan pada 3 September. (*)

Tri Wuryono