in

Gol Marselino di Injury Time Menangkan Persebaya atas PSIS

Dominasi tuan rumah sudah terlihat dari jumlah shot on target di babak pertama.

Taisei Marukawa belum mampu menyelamatkan PSIS dari kekalahan di kandang Persebaya, Selasa (23/8/2022). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

SURABAYA (jatengtoday.com) – PSIS Semarang kembali menelan kekalahan pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 saat meladeni tuan rumah Persebaya Surabaya. Gol tunggal Marselino Ferdinan di injury time babak kedua memberi kekalahan ketiga bagi Mahesa Jenar.

Laga pekan ke-6 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Selasa (23/8/2022) mutlak dikuasai oleh Persebaya. Dominasi tuan rumah sudah terlihat dari jumlah shot on target di babak pertama.

Sebelum jeda pertandingan, Bajul Ijo mampu melepaskan tujuh tembakan yang mengarah ke gawang. Dua di antaranya menerpa tiang. Sedangkan PSIS sama sekali tidak menghasilkan ancaman yang benar-benar membahayakan gawang Persebaya yang dikawal Satria Tama.

Tuan rumah membuka serangan di menit ke-2 melalui sepakan Ahmad Nufiandani. Mantan pemain PSIS itu lolos di sisi kanan dan melepaskan tendangan keras tapi bisa ditepis Aldhila Redondo.

PSIS Semarang sempat mendapat momentum bagus di menit ke-6. Dari skema serangan balik, Oktafianus Fernando mengirim umpan terobosan ke Jonathan Cantillana yang tinggal berhadapan dengan kiper. Pemain PSIS itu terjatuh setelah terkena terjangan Satria Tama, tapi wasit tidak menganggap sebagai pelanggaran.

Setelahnya, PSIS kesulitan menghadapi tekanan pemain-pemain tuan rumah. Tendangan bebas Leonardo Lelis di menit ke-13 masih tepat mengarah ke Redondo.

Lima menit kemudian, Ahmad Nufiandani memeroleh peluang emas setelah menerima umpan Catur Pamungkas. Kali ini sepakannya menerpa tiang gawang.

Peluang Persebaya di menit ke-23 kembali digagalkan tiang gawang. Juninho berhasil lolos dan melewati adangan kiper. Namun sontekannya terkena tiang kiri gawang Redondo.

Di akhir babak pertama, Redondo harus bekerja keras menepis tendangan Ahmad Nufiandani. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

PSIS melakukan pergantian kiper di babak kedua. Wahyu Tri Nugroho masuk menggantikan Redondo.

Dua menit setelah jeda, Juninho langsung memberikan ancaman. Kali ini sepakannya melebar.

Sho Yamamoto dan Marselino Ferdinan bergantian mengancam gawang PSIS melalui tendangan jarak jauh, namun masih bisa digagalkan Wahyu Tri.

Kiper senior PSIS itu membuat sejumlah penyelamatan penting dengan menghalau percobaan Juninho di menit ke-76. Saat injury time, Wahyu Tri juga menggagalkan sepakan jarak dekat Januar Eka Ramadhan dan sundulan Leo Lelis.

Namun kegemilangan Wahyu Tri akhirnya runtuh di akhir babak kedua. Saat injury time memasuki menit keempat, Supriyadi mengirim umpan tarik dan langsung disambar Marselino Ferdinan. Sepakan adik kandung Oktafianus Fernando itu bersarang ke pojok kanan gawang Wahyu Tri.

Tak berselang lama, wasit meniup peluit panjang dan Persebaya menang 1-0 atas PSIS.

Kekalahan tersebut membuat posisi PSIS turun ke peringkat 10 dengan poin tujuh. Sedangkan Persebaya satu setrip di atasnya dengan poin identik tapi unggul selisih gol.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Satria Tama–Koko Ari Araya, Leonardo Lelis, Rizky Ridho, Catur Pamungkas; Alwi Slamat, Muhammad Hidayat/Brayen Pondaag (69′); Ahmad Nufiandani/Supriyadi (72′), Marselino Ferdinan, Sho Yamamoto/Januar Eka (88′); Juninho
PSIS Semarang: Aldhila Redondo/Wahyu Tri Nugroho (46′)–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Alie Sesay, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra; Delfin Rumbino/Ahmad Syiha Buddin (64′), Guntur Triaji/Hari Nur Yulianto (64′); Oktafianus Fernando/Reza Irfana (89′), Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa; Andreas Ado/Wawan Febrianto (79′)
(*)
Tri Wuryono