in

Prabowo Sebut Indonesia Bisa Pimpin Negara-negara Anggota Kerja Sama Selatan-Selatan

Beberapa negara di Selatan-Selatan sudah menganggap Indonesia sebagai kiblat pertumbuhan ekonomi.

Debat Ketiga Capres, Minggu (7/1/2024). (foto: dokumentasi KPU)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Dalam debat ketiga Pilpres 2024 di di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto membeberkan strategi agar Indonesia bisa memimpin negara-negara anggota kerja sama Selatan-Selatan.

Hal itu diungkapkan saat menanggapi pertanyaan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo di sesi debat. Pada kesempatan itu, Prabowo menerangkan jika beberapa negara di Selatan-Selatan sudah menganggap Indonesia sebagai kiblat pertumbuhan ekonomi.

“Beberapa negara seperti Afrika Selatan sudah belajar ke Indonesia. Ini artinya, Indonesia sudah jadi perhatian dunia,” ucapnya.

Pasangan Gibran Rakabuming Raka ini menggunakan istilah ing ngarsa sung tuladha (di depan menjadi contoh).

”Ya jadi leadership, apakah negara, apakah perorangan, harus dengan contoh ing ngarsa sung tuladha, kita memimpin, kita mau bawa agenda, kita mau cerita, itu cerita, omong, omon-omon, tak bisa,” paparnya.

Prabowo berujar beberapa negara anggota kerja sama Selatan-Selatan melihat ke Indonesia karena Indonesia mampu memberikan contoh dan menjadi teladan.

”Kenapa negara-negara selatan sekarang melihat ke Indonesia? Karena kita berhasil membangun ekonomi kita,” kata Prabowo yang langsung disambut riuh tepuk tangan tim suksesnya.

Prabowo menambahkan, “Tidak hanya omon, omon, omon, kerjanya omon saja, enggak bisa, tidak bisa, (harus) ing ngarsa sung tuladha.”

Saat menjawab pertanyaan panelis mengenai kerja sama Selatan-Selatan, dia meyakini Indonesia dapat memimpin blok itu manakala perekonomiannya kuat.

Ganjar, yang menanggapi jawaban itu juga sepakat, kepentingan perekonomian nasional harus menjadi prioritas dalam memimpin kerja sama Selatan-Selatan. (*)

 

 

Redaksi Jateng Today