in

Peserta Lomba Lukis Becak Membeludak, Panitia Terpaksa Lakukan Pembatasan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Lomba Lukis Becak yang diinisiasi media online Jatengtoday.com di Kota Lama Semarang, Sabtu (14/9/2019) dibanjiri peminat. Karena itu, panitia terpaksa melakukan pembatasan.

Panitia lomba, Kusri mengatakan, awalnya pihaknya hanya membuka kuota 20 tim. Masing-masing tim terdiri dari 3-5 orang. Namun, ternyata banyak calon peserta lomba yang mendesak agar ada penambahan kuota.

“Kita tambahi kuota pesertanya jadi 25 tim. Dan tadi masing-masing tim sudah mengikuti technical metting, meskipun beberapa ada yang tidak datang,” ungkap Kusri saat ditemui di Gedung Monod Diephuis, Kota Lama Semarang, Kamis (12/9/2019).

Kusri menjelaskan, pembatasan kuota tersebut mempertimbangkan banyak hal. Di antaranya aspek lokasi yang butuh pengawasan dan kehati-hatian lebih. Sebab, pelaksanaan lomba lukis becak berada di kawasan bangunan cagar budaya.

Selain itu, imbuhnya, juga terkait penyediaan becak yang akan dilukis. “Sementara ini kami menggandeng para pemilik becak yang mangkal di Kota Lama. Jumlahnya kan juga terbatas,” ucap Kusri.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Lomba, Ahmad Hakim menambahkan, peserta yang lolos tahap pendaftaran terdiri dari berbagai komunitas.

Seperti Komunitas Seni Rupa Grobogan, Komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya Semarangan, Komunitas Walang Kekek, Suntuy Art Community, Woman Painter Community, Omah Sketsa Universitas PGRI Semarang, Teater Beta UIN Walisongo Semarang, Kuass SMAN 2 Semarang, dan lain-lain.

Menurut Hakim, secara teknis, nantinya setiap tim akan melukis satu becak dengan motif dan gayanya masing-masing. Temanya pun bebas, namun masih mengandung unsur Kota Lama dan mencantumkan logo Jatengtoday.com.

Selain menyediakan becak, panitia juga menyediakan cat lima warna beserta perlengkapan lukisnya. “Tapi kalau peserta menghendaki penambahan alat dan bahan dari yang sudah disediakan, itu diperbolehkan,” beber Hakim.

Lomba tersebut akan dilangsungkan di pelataran Gedung Monod Diephuis & Co, Kota Lama, Sabtu (14/9/2019) pukul 12.00–15.00.

“Total hadiah lomba ini mencapai Rp 5 juta. Silakan datang bagi masyarakat yang ingin melihat jalannya lomba, sifatnya terbuka untuk umum,” tandas Hakim. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar