in

Kualifikasi PON Atletik, Jateng Loloskan 7 Atlet

SEMARANG (jatengtoday.com) – Di hari pertama Kejuaraan Atletik Jateng Open, Kamis (4/7/2019), Jateng memimpin klasemen dengan 6 emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Peringkat kedua kejuaraan sekaligus babak kualifikasi PON XX yang digelar di Stadion Tri Lomba Juang Semarang ini ditempati Sumatera Barat dengan 2 emas.

Emas pertama Jateng dipersembahkan pelompat jauh putri, Irfa dengan lompatan sejauh 5.43 meter. Sayang, lompatan tersebut masih di bawah limit PON yaitu 5.55 meter.
Lima emas lain disumbang Hadi Nur Ikhsan (lari 800 m putra), Yuaris Diyanto (tolak peluru putra), Wahyu Nur Aini (lempar cakram putri), Liviana Rizki (lari 100 m) dan Arifianto (lompat jauh putra).

Dengan perolehan itu, Jateng meloloskan 7 atlet karena memenuhi limit PON. Mereka adalah sprinter Akhmad Azlan di nomor lari 100 m. Meskipun meraih perunggu dengan torehan waktu 10.80 detik di final, tapi di babak semi final, dia mampu menorehkan waktu 10.65 detik. Limit waktu PON nomor 100 meter putra adalah 10.73. Di nomor ini, Jateng juga meloloskan pelari Yunan Kurniansyah (waktu 10.73 detik).

Selain Azlan dan Yunan, 5 atlet Jateng yang lolos PON adalah Wahyu Nur Aini (lempar cakram putri), Arifianto (lompat jauh putra), Elisar Gamasi, Ranto (lari 3.000 m steeplechase putra) dan Nani Dwi Purwati (3.000 m steeplechase putri).

Ketua Harian PASI Jateng Rumini menyatakan puas dengan hasil yang dicapai Jateng di even ini. Dia optimistis pihaknya akan mendapatkan tambahan emas dan atlet yang lolos.

”Target kami lebih dari 10 atlet yang lolos ke PON,” tandasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.