in

Korpri Terus Bertransformasi Memperkokoh Sikap Melayani Menjadi Abdi Masyarakat

Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik.

Bupati serahkan penghargaan tanda jasa kepada ASN berprestasi. (istimewa)

DEMAK (jatengtoday.com) – Semoga dengan usia yang sangat matang ini, akan menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja, profesionalitas, pengabdian dan karya nyata kepada Negara kita. Demikian diungkapkan Bupati Demak Eistianah saat memperingati HUT Korpri ke 57 di halaman Setda Demak, beberapa waktu lalu.

Bupati berharap dengan adanya tema peringatan tahun ini  yakni “KORPRI Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri”, bisa menjadikan peringatan ini sebagai suntikan semangat untuk melayani bangsa dengan sebaik-baiknya.

“Pengabdian yang diberikan setiap anggota KORPRI kepada bangsa dan negara tidak boleh berhenti. Terlebih ekspektasi masyarakat semakin tinggi, sehingga tantangan perubahan juga semakin kompleks, berbagai tantangan baru bisa muncul tanpa terduga, baik itu karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi,” tegasnya­.

Menurutnya untuk menghadapi semua tantangan ini, KORPRI harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani menjadi abdi masyarakat, menjadi abdi negara, terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien, terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberi solusi dengan cepat dan jitu yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Setiap anggota KORPRI harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi, memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, menyederhanakan organisasi sehingga bergerak lebih lincah dan meninggalkan sekat-sekat ego sektoral. Buat prosedur yang simple, ubahlah yang lambat menjadi cepat. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi.

Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik. Ingat, sekedar melayani saja tidak cukup. Pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan dan kecepatan,” ujar Bupati.

Bupati juga menekankan beberapa hal seperti setiap anggota KORPRI harus memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Pegang teguh core values ASN; berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Yang kedua, berikan kontribusi nyata kepada masyarakat seperti yang termaktub dalam Panca Prasetya KORPRI “Mengutamakan Kepentingan Negara dan Masyarakat Diatas Kepentingan Pribadi dan Golongan”. Lakukan penyempurnaan untuk mencapai hasil kinerja yang optimal. Satukan karsa dan komitmen untuk meningkatkan pengabdian dan produktifitas dalam memberikan pelayanan publik terbaik serta berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Kemudian lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan. Ubah mindset, cara pikir, dan cara bekerja. Hindari ketidakefisienan, kerumitan. Lakukan  kolaborasi dengan berbagai pihak. Terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota KORPRI yang telah bekerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam melakukan layanan publik. Alhamdulillah pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Demak berhasil memperoleh penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tingkat Nasional melalui Demak Emergency  System (DES) 119. Tak hanya itu saja, pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Demak juga memperoleh Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan ini diberikan karena akses jamban sehat di Kabupaten Demak mencapai 100 persen,” terang Eisti.

 Eistianah juga Kabupaten Demak berhasil mendapatkan juara I pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022 kategori Destinasi Belanja Terbaik, melalui Asap Indah Wonosari. Selain itu dalam rangka penurunan stunting, Kabupaten Demak juga menerima penghargaan inovasi penurunan stunting dalam Scaling Up Nutrition Annual Meeting dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kemudian dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak anak, Pemerintah Kabupaten Demak berhasil memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Demak juga berhasil memborong empat penghargaan sekaligus dalam ajang Penganugerahan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Award 2022.

“Pada tahun 2021, Kabupaten Demak juga berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten/kota wilayah terbaik dimensi smart society dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berbagai prestasi yang diraih ini tentunya tak lepas dari peran Panjenengan semua dalam bersinergi, berkolaborasi dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi Demak tercinta,” pungkasnya. (*)

Ajie MH.