in

Kalah Lagi, Indonesia Tetap Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games

Kelolosan Garuda Muda juga tidak terlepas dari hasil pertandingan lain antara Kirgistan melawan China Taipei.

Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Asian Games Hangzhou (foto: NOC via PSSI)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Tim Nasional Indonesia U-24 memerpanjang napas di cabor sepak bola Asian Games Hangzhou meski pada laga terakhir Grup F kembali menelan kekalahan. Anak asuh Indra Sjafri berhak lolos ke babak 16 besar via jalur peringkat ketiga terbaik.

Pada pertandingan di Stadion Zhejiang Normal University East, Minggu (24/9/2023), Indonesia menyerah 0-1 dari Korea Utara. Korea Utara mencetak gol di menit ke-40 melalui Kim Yusong sekaligus memberi kekalahan kedua bagi skuad Merah Putih.

Kemenangan tersebut membuat Korea Utara masih sempurna mengoleksi sembilan poin dan lolos sebagi juara grup. Sedangkan Indonesia yang sempat kalah dari China Taipei berada di posisi ketiga dengan tiga poin dan selisih gol 0.

Kelolosan Garuda Muda juga tidak terlepas dari hasil pertandingan lain antara Kirgistan melawan China Taipei yang berlangsung di Jinhua Sports Centre. Kirgistan yang pada pertandingan pertama takluk 0-2 oleh Indonesia, sukses mengalahkan China Taipei 4-1.

China Taipei unggul lebih dahulu lewat gol penalti Po Liang Chen menit ke-34. Kedudukan disamakan Kirgistan melalui Ernaz Abilov menit ke-45+2.

Kirgistan berbalik unggul lewat gol bunuh diri Tzu Ming Huang menit 55. Adapun gol ketiga Kirgistan dibuat Dastanbek Toktosunov menit 62, sedangkan gol keempat dicetak Arsen Sharshenbekov menit ke-90+1.

Kemenangan ini membuat Kirgistan mengoleksi tiga poin dengan selisih gol 0. Sedangkan China Taipei tetap tiga poin dengan selisih gol -4.

Kirgistan berada di tempat kedua karena jumlah gol yang dicetak di semua laga Grup F lebih baik dari Indonesia. Kirgistan pun lolos sebagai runner-up dan akan menghadapi Korea Selatan di babak 16 besar.

Indonesia diperkirakan akan melawan Uzbekistan pada babak 16 besar yang digelar 28 September mendatang. (*)

Tri Wuryono