in

Piala Asia 2023: Indonesia Siap Jalani Laga Perdana Lawan Irak

Timnas Indonesia akan mengawali petualangan di Grup D Piala Asia 2023 dengan meladeni Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan.

Timnas Indonesia siap melakoni pertandingan perdana Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1/2024). (foto: dokumentasi PSSI)

DOHA (jatengtoday.com) – Tim Nasional Indonesia fokus membangun kekompakan jelang laga perdana Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1/2024) malam ini. Asnawi Mangkualam Bahar dkk percaya diri bisa memetik poin.

Timnas Indonesia akan mengawali petualangan di Grup D Piala Asia 2023 dengan meladeni Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan.

“Persiapannya kita lebih untuk membangun kekompakan tim dan juga cara mengasah taktikal tim untuk melawan Irak. Semua pemainnya harus kita waspadai, karena kita harus fokus di setiap menitnya. Irak juga tim yang matang, dan juga kekompakan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, jadi kita harus fokus,” kata penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga: Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Saddil Out, Adam Alis In

Menurut kiper Persebaya Surabaya ini dengan kekompakan, timnya bisa menutup kesalahan sesama pemain, dan mengantisipasinya.

“Antisipasi pasti ya, jadi kita mengasahnya dalam kekompakan, jadi bisa saling menutup kesalahan sesama pemain yang satu dengan lainnya,” ungkapnya.

Ditanya mengenai laga tim lain sebelumnya, dia tak mau ambil pusing. Dia hanya ingin fokus pada pertandingan pertamanya.

“Melihat laga Vietnam melawan Jepang, kita ada bekal untuk mempersiapkan tim. Kami punya tim analis. Saya hanya ingin fokus di laga perdana melawan Irak lebih dahulu, baru nanti bicara laga-laga berikutnya,” sebutnya.

“Saya dan tim ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia, kita juga memacu semangat diri kita sendiri,” tutupnya.

Sementara, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, optimistis bahwa anak asuhnya mampu memberikan kejutan kepada Irak meski di atas kertas tim lawan lebih diunggulkan meraih kemenangan. Bahkan, secara peringkat FIFA pun, kedua tim terpaut cukup jauh.

“Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya,” kata Shin Tae-yong.

“Kami akan menunjukan performa yang lebih baik. Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia). Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri,” ucapnya.

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu dengan Irak, pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023, Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sementara itu, Indonesia ada di posisi 146.

Tentu laga ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa berbuat yang terbaik.

Setelah melawan Irak, timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Setelah itu, akan melawan Jepang pada 24 Januari di Stadion Al Thumama, Doha. (*)

Tri Wuryono