in

Klub Keberatan Lepas Pemain ke Asian Games, PSSI Kasih Solusi Ini

Klub-klub juga membutuhkan pemain-pemain untuk berlaga di kompetisi Liga 1.

Pemain PSIS, Haykal Alhafiz (kanan) saat berlaga di final SEA Games Kamboja 2023. (foto: dokumentasi PSSI)

JAKARTA (jatengtoday.com) – PSSI akhirnya memberi kelonggaran kepada klub-klub yang pemainnya dipanggil untuk tampil di Asian Games 2023. Para pemain tersebut diizinkan berangkat belakangan setelah bermain di pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024.

Pelatih tim U-24 Indonesia, Indra Sjafri membawa 22 pemain untuk tampil di Asian Games 2023 China. Indonesia tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan.

Pada laga pertama Indonesia akan melawan Kirgistan (19/9), lalu Taiwan (21/9), dan Korea Utara (24/9). Skuad Garuda akan berangkat pada Jumat (15/9) malam besok ke China.

Asian Games 2023 untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola akan berlangsung mulai 19 September hingga 8 Oktober di Hangzhou, China.

“Kami telah melakukan pembicaraan dengan pelatih klub-klub di Indonesia. Negosiasi itu juga berjalan baik dan kita membawa 22 pemain,” kata Indra Sjafri dalam keterangan resmi PSSI, Kamis (14/9/2023).

Klub jelas keberatan melepas pemainnya ke Timnas di saat kompetisi sedang berlangsung. Contohnya PSIS Semarang yang harus merelakan tiga pemainnya, yakni Adi Satryo, Haykal Alhafiz dan Alfeandra Dewangga.

Tim Ibu Kota Jateng ini juga kehilangan dua asisten pelatih, Eko Purdjianto dan Alex Aldha Yudi. Padahal, akhir pekan ini mereka harus melakoni Derby Jawa Tengah melawan Persis Solo.

“Kami menyadari Asian Games bukan agenda FIFA. Itu sebabnya kami mengambil langkah terbaik berdiskusi dengan pelatih-pelatih klub untuk mencari win win solution,” tutur Indra Sjafri.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi menambahkan bahwa PSSI menyadari klub-klub juga membutuhkan pemain-pemain untuk berlaga di kompetisi Liga 1. Apalagi, Liga 1 kini sedang berlangsung seru.

“Tetapi, timnas Indonesia juga membutuhkan pemain-pemain tersebut untuk segera bergabung. Solusinya akan ada pemain yang menyusul untuk bergabung ke Tiongkok setelah bertanding bersama klub mereka di akhir pekan ini,” kata Yunus Nusi.

Pekan ke-12 BRI Liga 1 2023/2024 akan dimulai pada Jumat (15/9) dengan memainkan tiga pertandingan. Pada Sabtu (16/9) dan Minggu (17/9) masing-masing juga tiga pertandingan.

Dari 22 nama yang dipanggil Indra Sjafri, PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persib Bandung dan Borneo FC menjadi penyumbang terbanyak dengan masing-masing mengirimkan tiga pemain. Sedangkan Persebaya Surabaya mendapat jatah dua pemain.

Delapan pemain lainnya dibagi rata untuk Bhayangkara Presisi Indonesia, Persis Solo, Barito Putera, Dewa United, PSM Makassar, Persikabo 1973, Bali United dan Persipura Jayapura.

Daftar 22 Pemain Timnas Asian Games 2023

1. Daffa Fasya – Borneo FC

2. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

3. Adi Satrio – PSIS Semarang

4. Andy Setyo – Persikabo 1973

5. Rizky Ridho – Persija Jakarta

6. Kadek Arel – Bali United

7. M. Haykal – PSIS Semarang

8. Dony Tri – Persija Jakarta

9. Bagas Kaffa – Barito Putera

10. Robi Darwis – Persib Bandung

11. Alfeandra Dewangga – PSIS Semarang

12. Rachmat Irianto – Persib Bandung 

13. Ananda Raehan – PSM Makassar

14. Beckham Putra – Persib Bandung

15. S. Abimanyu – Persija Jakarta

16. M. Taufany – Borneo FC

17. George Brown – Persebaya Surabaya

18. Hugo Samir – Borneo FC

19. Ramai Rumakiek – Persipura Jayapura

20. Egy Mulana – Dewa United

21. Ramadhan Sananta – Persis Solo

22. Titan Agung – Bhayangkara FC

(*)

Tri Wuryono