in

Gol Wallace Costa di Injury Time Menangkan PSIS Semarang atas Persiraja

PSIS menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0 dan menambah tiga poin untuk menggusur Persija Jakarta di peringkat keenam. 

Wallace Costa menjadi penentu kemenangan PSIS atas Persiraja di pekan ke-19 BRI Liga 1, Rabu (12/1/2022) malam. (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

DENPASAR (jatengtoday.com) – PSIS Semarang harus susah payah menaklukkan tim juru kunci Persiraja Banda Aceh pada pekan ke-19 BRI Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar Bali, Rabu (12/1/2022) malam. Gol Wallace Costa di penghujung pertandingan memastikan kemenangan Mahesa Jenar atas Laskar Rencong yang menuntaskan laga dengan 10 pemain.

PSIS Semarang menurunkan dua rekrutan anyar, Chevaughn Walsh dan Flavio Beck Junior sejak menit pertama. Alfeandra Dewangga juga langsung menjadi starter mendampingi Wallace Costa di lini pertahanan.

Chevaughn Walsh melewatkan kesempatan emas di menit keenam. Bek Persiraja Andika Kurniawan coba menghalau bola tapi justru mengarah ke Chevy. Striker PSIS gagal menendang dengan sempurna meski tidak ada pengawalan di dalam kotak penalti.

Chevy belum mampu menampilkan performa terbaik di pertandingan ini. Setidaknya ada tiga peluang lainnya yang dia lewatkan.

Dominasi PSIS Semarang tidak berarti apa-apa karena penampilan apik kiper Aji Bayu Putra sebagai benteng pertahanan terakhir Persiraja.

Mantan penjaga gawang Mahesa Jenar itu beberapa kali mematahkan serangan Wallace Costa dkk. Salah satunya percobaan yang dilepaskan Septian David Maulana di menit ke-26.

Persiraja bukannya tanpa peluang. Defri Rizki mendapat ruang tembak di dalam area penalti PSIS, tapi sepakannya tepat mengarah ke Jandia Eka Putra.

Persiraja harus kehilangan Andika Kurniawan di menit ke-49 setelah diganjar kartu kuning kedua dan berbuah kartu merah.

Menit ke-52 PSIS kembali memeroleh peluang melalui free kick Alfeandra Dewangga. Lagi-lagi Aji Bayu sigap menepis bola.

Pelatih Dragan Djukanovic melakukan penyegaran dengan menarik keluar Chevy Walsh dan Rachmad Hidayat. Kalah jumlah pemain justru membuat Persiraja semakin bertahan sehingga menyulitkan PSIS menciptakan ancaman.

Gawang Jandia justru nyaris kebobolan di pertengahan babak kedua. Dewangga gagal menyapu bola dengan baik dan membuat Jabar Sharza lolos hingga ke kotak penalti. Eks pemain Persela Lamongan itu berhasil melewati Jandia dan mengirim umpan ke mulut gawang namun bisa dihalau Wallace Costa.

PSIS harus menunggu sampai menit kelima injury time untuk mendapat gol. Wallace Costa berhasil memaksimalkan umpan dari Riyan Ardiyansyah dari sayap kanan. Bola sundulan kapten Mahesa Jenar akhirnya menaklukkan Aji Bayu.

Tak lama kemudian wasit meniup peluit panjang. PSIS menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0 dan menambah tiga poin untuk menggusur Persija Jakarta di peringkat keenam. Mahesa Jenar mengemas 30 poin, dua angka di atas Macan Kemayoran.

Susunan Pemain

Persiraja: Aji Bayu Putra–Rendy Saputra, Leonardo Lelis, Andika Kurniawan, Yasvani; Alvin Nasution, Rizky Yusuf; Assanur Rijal, Jabar Sharza, Bruno Dybal; Defri Rizki
PSIS: Jandia Eka Putra–Taufik Hidayat, Alfeandra Dewangga, Wallace Costa, Frendi Saputra; Finky Pasamba, Flavio Beck Jr; Rachmad Hidayat, Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto; Chevaughn Walsh
(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *