in

FKPT Jateng Raih Penghargaan Kinerja Terbaik se-Indonesia

SEMARANG (jatengtoday.com) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menganugerahkan penghargaan kepada Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah sebagai FKPT terbaik I.

FKPT Jateng menjadi lembaga terbaik atas kinerja yang membanggakan pada program Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme melalui FKPT tahun 2020. Lembaga tersebut sekaligus mengalahkan 31 FKPT lain yang ada di Indonesia

Penghargaan diberikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Bali yang berlangsung pada 15-17 Desember 2020. Diterima oleh perwakilan FKPT Jateng, Dr. Iman Fadhilah.

Ketua FKPT Jateng Prof. Syamsul Ma’arif mengaku bersyukur. Menurutnya, capaian ini tidak lepas dari kerja keras tim. Utamanya dalam hal kesiapsiagaan, kontra radikalisme, dan deradikalisaasi.

“Semua didukung oleh tim yang solid. Sehingga kita dapat menarasikan pentingnya menjaga harmoni, merawat kearifan lokal, dan membentengi diri dari godaan ideologi yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Selama ini, katanya, FKPT Jateng telah mengkoordinasi antar lembaga dari atas sampai bawah, membangun jejaring seefektif mungkin dari pejabat hingga ke pelosok desa. Termasuk menyebarkan gagasan melalui media dan karya ilmiah.

Dalam ajang penghargaan ini, BNPT juga menetapkan FKPT Jatim sebagai terbaik 2, FKPT Sulawesi Selatan sebagai terbaik 3, FKPT Gorontalo sebagai terbaik 4, FKPT Nusa Tenggara Timur sebagai terbaik 5, dan FKPT DKI Jakarta sebagai kategori favorit pemirsa.

Keputusan tersebut didasarkan pada laporan monev pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban keuangan. Sinergi dan soliditas FKPT terhadap stakeholder di daerah, termasuk aktivitas online website FKPT Center.

Serta daya dorong dalam partisipasi pada seluruh lomba yang diselenggarakan program kegiatan dan penelitian BNPT. (*)

 

 

editor: ricky fitriyanto 

 

 

Baihaqi Annizar