in

FKPT Jateng Antisipasi Munculnya Benih Radikalisme pada Tahun Politik

FKPT berperan meredam konflik di situasi yang panas pada tahun politik ini.

Ketua FKPT Jateng Prof. Syamsul Ma'arif (kiri) usai menggelar rapat koordinasi di Semarang. (istimewa)
Ketua FKPT Jateng Prof. Syamsul Ma'arif (kiri) usai menggelar rapat koordinasi di Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah berkomitmen mengantisipasi kemungkinan munculnya benih-benih radikalisme pada tahun politik 2024.

Menurut Ketua FKPT Jateng Prof. Syamsul Ma’arif, lembaganya berperan untuk meredam konflik di situasi yang panas tahun politik ini.

“Kami berusaha meredam konflik, terutama dengan narasi yang menyejukkan dan mendewasakan atau lebih calling down system,” kata Syamsul usai menggelar rapat koordinasi di Semarang, Rabu (3/1/2024).

Setelah melaksanakan program-program mandatori dan inisiasi selama tahun 2023, FKPT Jateng kini tengah menyiapkan program-program mandatori dan inisiasi yang substantif.

Ia akan mengembangkan program seksi dan substantif yang lebih merangkul, menjaga perdamaian, kebhinekaan, dan merawat toleransi.

“Kami akan mengembangkan program yang diikat dalam gerakan metodologis-intelektual agar data yang kita kumpulkan bisa tersatukan dalam paradigma yang baik, progresif, dan problem solving,” ucap Syamsul.

Dia berharap program-programnya bisa menjadi semacam referensi dalam melakukan mitigasi terhadap bahaya ekstremisme. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar