in

FKPT Jateng Dinilai Berperan Penting Perkuat Program Kontra Radikalisme di Daerah

SEMARANG (jatengtoday.com) — Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah.

Kepala Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intan Dulung menilai, kegiatan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan pencegahan terorisme ini dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan oleh FKPT Jateng.

“Kami apresiasi karena ternyata hampir setiap bulan menyelenggarakan kegiatan. Inilah tujuan dibentuknya FKPT di daerah sebagai kepanjangan tangan dari BNPT,” ujarnya saat memimpin acara Monitoring Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme melalui FKPT di Semarang.

Menurut Andi Intan, FKPT harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah secara intensif, berkesinambungan dan melaporkan kepada BNPT untuk mengoptimalkan peranan dalam kontra radikalisme di tingkat daerah.

Kepala Seksi Penelitian dan Evaluasi Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Puput Agus Setiawan mengingatkan supaya FKPT Jateng selalu siaga terhadap isu yang berkembang di masyarakat.

“Terutama supaya FKPT selalu mewacanakan wawasan kebangsaan dan narasi-narasi damai melalui media,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mempresentasikan sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan dan kendala yang dialami FKPT selama kepengurusan.

“Sejak pelantikan pada Februari 2020 hingga saat ini FKPT Jateng telah melakukan sejumlah kegiatan inisiatif bukan mandatory dari BNPT mengingat anggaran kegiatan mandatory dialihkan untuk keperluan Covid-19,” jelas Syamsul dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/8/2020).

Pengalihan intensif itu di antaranya untuk kegiatan silaturrahmi dan penyaluran sembako kepada eks napiter sebanyak dua kali. (*)

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar