in

Dosen UIN Walisongo Prof Syamsul Ma’arif Dilantik jadi Ketua FKPT Jateng

JAKARTA (jatengtoday.com) – Prof Syamsul Ma’arif resmi dilantik menjadi Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah. Pelantikan dilakukan langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius di Jakarta, Senin (17/2/2020) malam.

Prof Syamsul sendiri merupakan Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam sekaligus Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) UIN Walisongo Semarang. Ia juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Khawarizmi.

Adapun jajaran pengurusnya adalah Iman Fadhilah (Sekretaris), Edi Kurniawan (Bendahara), Hudallah Ridwan (Kabid Agama, Sosial dan Budaya), Atiek Suniarti (Kabid Perempuan dan Anak), Joko Prihatmoko (Kabid Pemuda dan Pendidikan), Rusmadi (Kabid Pengkajian dan Penelitian), Sukendar (Kabid Media Massa, Ekonomi dan Hukum), Siti Maemunah (Staf Keuangan), Faizin (Staff IT), dan Ahmad Ro’uf (Staf Administrasi & Umum).

Dalam sambutannya, Prof Syamsul menyatakan komitmennya untuk memimpin FKPT menjadi lembaga yang berkontribusi menangkal paham radikal dan terorisme.

“Ke depan FKPT Jateng akan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam mencegah dan melawan ekstremisme dan terorisme, karena keduanya adalah kejahatan kemanusiaan yang luar biasa,” tutur Prof Syamsul dalam keterangan tertulisnya.

Menurut dia, diperlukan berbagai pendekatan dan langkah komprehensif dengan penekanan pada ‘soft power approach’.

Pihaknya juga akan mendorong seluruh elemen untuk aktif melestarikan kearifan lokal yang sudah terbukti efektif memberikan dampak positif bagi rasa toleransi, kebersamaan, persatuan Indonesia serta mampu menangkal paham intoleran, radikal dan terorisme.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu Kepala BNPT juga melantik 31 Ketua FKPT periode 2020–2022 lain dari seluruh Indonesia. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar