in

Dinas Pendidikan Demak Sabet Penghargaan Penggunaan Bahasa Indonesia Terbaik 2022

Penghargaan yang diraih bisa menjadi komitmen dan pemicu semangat dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan dinas.

DEMAK (jatengtoday.com) – Dindikbud Kabupaten Demak berhasil menyabet juara satu penghargaan Prasidatama Jawa Tengah tahun 2022 kategori pengguanan Bahasa Indonesia terbaik di lembaga pemerintahan.

Penghargaan dari Balai Bahasa Jawa Tengah itu diserahkan oleh perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kepala Balai Bahasa Jateng, Dr Ganjar Harimansyah kepada Plt Kepala Dindikbud Kabupaten Demak Drs Subkhan MM.

Serah terima penghargaan pada puncak acara penghargaan Prasidatama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah 2022 pada (22/10/2022) di Audotorium UIN Prof KH Syaefudin Zuhri, Jalan Ahmad Yani 40-A, Purwokerto.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak, Subkhan mengatakan, penghargaan yang diraih bisa menjadi komitmen dan pemicu semangat dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan dinas.

“Sebuah keharusan untuk menyatukan bangsa dalam wadah kesatuan NKRI. Selain itu, sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul,” katanya.

Jelasnya, sebelum ditetapkan sebagai juara telah melalui proses tahapan penilaian dari Balai Bahasa Jawa Tengah.

“Melalui wawancara juga pengisian borang dan visitasi serta inspeksi mendadak ke lapangan,” ujarnya.

Dikatakan Subkhan, dalam penilaian yang dilakukan telah menunjukan adanya praktik penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Penggunaan Bahasa Indonesia dipakai dalam setiap pertemuan resmi, surat menyurat, rapat koordinasi, media serta komunikasi antar pegawai dan masyarakat,” ucapnya.

Plt Kepala Dindikbud Kabupaten Demak, Subkhan menambahkan, praktik penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dana benar digunakan dalam setiap setiap komunikasi baik melalui media maupun berbentuk lisan.

“Praktik penggunaan Bahasa Indonesia ini menumbuh kembangkan kecintaan pada Bahasa Indonesia. Dengan semboyan, satu nusa, satu bangsa dan menjunjung Bahasa Indonesia,” tukasnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Drs Subkhan MM menunjukkan penghargaan untuk intansi yang dipipimpinnya. (*)

Ajie MH.