in

Catat, Korban Kecelakaan Tak Perlu Datangi Jasa Raharja untuk Urus Klaim

SEMARANG (jatengtoday.com) – BPJS Kesehatan menggandeng PT Jasa Raharja mengembangkan program Integrated System for Traffic Accidents (insiden). Dengan program ini, pihak korban kecelakaan lalu lintas tidak perlu datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan ataupun Kantor Cabang Jasa Raharja untuk mengurus administrasi penjaminan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Istianti menerangkan, sebenarnya, Insiden bukan program baru. Bahkan sudah ada sejak Maret 2018 lalu.

“Intinya, jika ada kecelakaan, pihak rumah sakit yang mengirimkan informasi data korban untuk nantinya dilakukan kunjungan petugas Jasa Raharja,” ucapnya, Senin (1/7/2019).

Selain itu, lanjutnya, Insiden juga memberikan penjaminan menjadi lebih tepat dan akurat karena memilki beberapa informasi yang memudahkan proses verifikasi di kedua belah pihak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala Kantor Perwakilan PT Jasa Raharja Tingkat 1 Kota Semarang Yoga Sasongko menambahkan, pihaknya ingin fokus ke percepatan birokrasi baik dengan kepolisian dan BPJS Kesehatan.

“Saat ini yang sudah dijalankan dengan kepolisian sudah mengelink setiap kecelakaan yang dilaporkan dari kepolisian sudah bisa dilihat by system oleh kami,” ujarnya.

Selain itu, pada 29 Oktober 2018 Insiden telah diadopsi oleh Peraturan Menteri keuangan Nomor 141 Tahun 2018 sebagai upaya sinergi pada kasus kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, dan kasus lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sedangkan pada 18 Juni 2019 aplikasi tersebut ditetapkan sebagai Top 99 Pelayanan Publik oleh Kementerian PAN RB. (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.