in

Carlos Fortes Mundur dari PSIS

Fortes menjalani laga terakhir bersama skuad Mahesa Jenar saat meladeni tuan rumah Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (30/1/2024).

Striker PSIS Semarang Carlos Fortes (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang mendapat pukulan telak di tengah upaya bersaing di papan atas BRI Liga 1 2023/2024. Top skor sekaligus kapten ketiga, Carlos Fortes memutuskan mengakhiri kontrak lebih dini dan memilih hengkang ke Timur Tengah.

Fortes menjalani laga terakhir bersama skuad Mahesa Jenar saat meladeni tuan rumah Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (30/1/2024). Pada pertandingan yang berkesudahan imbang 1-1 tersebut, mantan penyerang Arema FC gagal mencetak gol dan melewatkan dua peluang emas.

Baca Juga: Carlos Fortes dan Vitinho Bertahan di PSIS, Tambah Kontrak 1 Tahun

Dalam keterangan resmi PSIS Semarang, Rabu (31/1/2024), Carlos Fortes menyampaikan pengunduran diri melalui surat yang ia tulis dan ditujukan kepada manajemen PSIS. Striker berusia 30 itu beralasan ingin lebih dekat dengan keluarga dan adanya penawaran dari klub asal Timur Tengah.

Tidak disebutkan klub tujuan Fortes, namun konon klub tersebut menjanjikan nilai kontrak dan fasilitas lebih besar. Sesuai klausul kontrak bersama PSIS memang disebutkan bahwa Fortes bisa pindah ketika ada penawaran yang jauh lebih tinggi dari kontrak di PSIS.

Yoyok Sukawi selaku Chief Executive Officer (CEO) PSIS mengakui kabar ini sangat mengejutkan. Meski dengan berat hati keputusan mundurnya Fortes harus diterima.

“Pertama kami sampaikan bahwa Carlos Fortes setelah laga melawan Persebaya mengirim surat pengunduran diri. Hal seperti ini biasa dalam sepak bola, pemain datang dan pergi. Kami manajemen bersama tim pelatih memutuskan menerima pengunduran diri Fortes, karena berbagai pertimbangan, diantaranya demi kebersamaan pemain, dan tentu salah satunya karena klausul yang tertuang dalam kontrak,” ucap Yoyok Sukawi.

Baca Juga: PSIS Mulai Nyaman Tanpa Fortes

“Dengan kondisi tersebut, kami saling menghormati dan kami juga menegaskan bahwa manajemen, pelatih dan seluruh pemain PSIS akan terus berjuang menghadapi sisa pertandingan dengan semangat untuk PSIS untuk dapat mencapai target musim ini. Siapa pun yang main, logo di dada jauh lebih tinggi dari nama di punggung. Saya minta kepada seluruh jajaran manajemen pelatih dan pemain psis yang masih di PSIS, ayo berjuang bersama-sama dan jaga posisi PSIS di babak 4 besar sampai akhir musim,” tegasnya.

Berikut ini surat pengunduran diri Fortes:

Bersama surat ini saya menyatakan dalam keadaan sehat dan tidak dalam tekanan pihak manapun, saya menyatakan permohonan untuk mengundurkan diri dan menghentikan kontrak kerja no nomor: 010/PSIS_PLAYER/LIGA_2023/III-2023 sebagai pemain PSIS dengan alasan ingin dekat dengan keluarga dan saya mendapatkan penawaran dari klub lain yang gajinya lebih tinggi dan secara jarak klub tersebut lebih dekat dengan keluarga saya di Portugal. Saya memohon maaf kepada klub, manajemen, rekan satu tim karena memilih mengundurkan dir dari PSIS Semarang.

Saya berjanji menjaga nama baik klub dan manajemen beserta keluarga besar PSIS Semarang, dan akan terus menjaga hubungan baik yang sudah terjalin selama ini.

Saya berterima kasih kepada klub dan manajemen karena telah memberikan kesempatan saya bergabung dan memperlakukan saya dengan baik selama ini, saya memohon supaya permohonan pengunduran diri saya dikabulkan dan mendoakan yang terbaik untuk masa dan klub PSIS Semarang.

Surabaya, 30 Januari 2024

Carlos Manuel Dos Santos Fortes.

Performa Carlos Fortes musim ini sebenarnya tidak terlalu buruk. Pemain kelahiran 9 November 1994 itu sukses menjaringkan 10 gol dari 20 penampilan dengan melepaskan 55 percobaan 28 di antaranya on target.

Baca Juga: Carlos Fortes dan Kutukan Nomor 9 PSIS Semarang

Carlos Fortes bergabung dengan PSIS Semarang di awal musim 2022/2023 setelah tampil apik bersama Arema FC dengan mengemas 20 gol. Tapi performa eks pemain Portugal U-20 itu merosot drastis karena lebih banyak dibekap cedera. Tiga gol dihasilkan Fortes bersama PSIS dari 17 penampilan di musim 2022/2023.

Toh, manajemen PSIS Semarang masih percaya dengan Fortes dan menambah durasi kontrak hingga akhir musim 2023/2024. Fortes juga didapuk sebagai kapten ketiga setelah Septian David Maulana dan Wahyu Prasetyo. (*)

 

 

Tri Wuryono