in

PSIS Masih Berburu Striker Baru di Tengah Rumor Carlos Fortes

Fortes masih terikat kontrak di PSIS sampai akhir musim 2023/2024.

Carlos Fortes terus menunjukkan ketajamannya bersama PSIS Semarang hingga paruh musim 2023/2024. (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang masih berhasrat menambah striker anyar pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024. Carlos Fortes pun dispekulasikan bakal terdepak dari skuad Mahesa Jenar.

Jendela transfer Liga 1 bakal dibuka pada November mendatang. Carlos Fortes menjadi salah satu nama yang dirumorkan akan dilepas PSIS di tengah ketertarikan PSS Sleman untuk merekrut penyerang asal Portugal tersebut.

CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengatakan siap mendengarkan tawaran yang masuk untuk Fortes. Namun, dia mengingatkan kepada klub peminat bahwa Fortes masih terikat kontrak di PSIS sampai akhir musim 2023/2024.

“Sepak bola profesional harus ada klausul pembelian dong. Fortes salah satu striker terbaik di Liga 1, apabila ada klub yang berminat tentunya juga harus menawarkan nilai transfer yang sepadan,” ucap Yoyok Sukawi merespons PSS Sleman.

Performa Carlos Fortes musim ini memang cukup menjanjikan setelah terbebas dari cedera yang membekapnya di hampir sepanjang musim 2022/2023. Penyerang 28 tahun itu sudah mendekati penampilan terbaik seperti saat membela Arema FC di musim 2021/2022. Di musim itu Fortes melesakkan 20 gol dan 3 assist dari 31 penampilan.

Hingga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024, Carlos Fortes sudah mengemas 8 gol. Jumlah tersebut memang masih kalah dibandingkan torehan bersama Arema FC, ketika dia mampu mencetak 10 gol sampai paruh musim.

Tapi, Fortes-nya Arema menjalani pertandingan yang lebih banyak dengan menit bermain mencapai 1.336 dalam 16 laga. Sementara, bersama PSIS musim ini, dia turun di 13 pertandingan dengan waktu bermain 989 menit.

Dari 13 pertandingan tersebut, Fortes total melepaskan 32 tembakan (18 on target) atau rata-rata 4 percobaan 1 gol. Eks pemain SC Braga B itu juga aktif membantu pertahanan dengan membukukan 4 kali tekel, 5 intersepsi dan 10 clearance.

Namun, pelatih kepala PSIS Semarang, Gilbert Agius berujar bahwa timnya tidak bisa terus-terusan bergantung kepada Fortes. Karenanya, dia meminta manajemen bergerak untuk mendatangkan striker anyar.

“Kami butuh penyerang baru karena saat ini hanya tersedia Carlos Fortes sebagai striker murni. Pemain baru ini bukan cuma untuk meningkatkan kualitas persaingan di lini depan tapi juga mengantisipasi absennya Fortes karena cedera atau hukuman,” kata Agius seusai laga versus Persikabo 1973, Jumat (20/10/2023).

Meski demikian, Agius juga tidak bisa menjamin nasib Fortes di PSIS. “Saya bahagia dengan kerja keras yang ditunjukkan Fortes, tapi dalam sepak bola terkadang butuh improvisasi,” ucapnya. (*)

Tri Wuryono