in

Bikin Salah, PSIS pun Kalah

Berdasarkan statistik Liga1Match, PSIS unggul penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen milik Persija.

Pemain PSIS, Finky Pasamba (depan) berduel dengan gelandang Persija, Tony Sucipto. Mahesa Jenar tumbang di tangan Macan Kemayoran dengan skor 1-2. (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

GIANYAR (jatengtoday.com) – PSIS Semarang harus mengakui keunggulan Persija Jakarta pada laga perdana putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Mahesa Jenar dihukum kesalahan-kesalahan yang diciptakan sendiri meski lawan kalah dominan.

PSIS menjamu Persija di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali dalam kondisi kurang ideal. Setidaknya ada enam pemain yang biasa bermain reguler absen karena beragam alasan, yakni Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Frendi Saputra, Fredyan Wahyu, Septian David dan Bruno Silva.

Toh, Wallace Costa dkk masih bisa menguasai permainan. Setidaknya berdasarkan statistik Liga1Match, PSIS unggul penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen milik Persija.

Baca Juga: PSIS Semarang Awali 2022 dengan Kekalahan

Tim Ibu Kota Jateng juga lebih banyak menciptakan peluang. Sebelum pergantian babak, ada lima percobaan yang mengarah ke gawang, tapi hanya satu yang berbuah gol melalui Eka Febri. Empat lainnya dimentahkan kiper Andritany Ardhiyasa.

Setelah turun minum, situasi tidak berubah, dengan kendali permainan di kubu Mahesa Jenar. Namun, pertahanan Macan Kemayoran lebih disiplin sehingga menggagalkan Hari Nur cs membuat ancaman ke gawang Andritany.

Persija yang minim peluang justru mampu mencuri dua gol lewat Marko Simic yang memanfaatkan longgarnya pengawalan pemain-pemain PSIS. Striker Kroasia itu dengan leluasa menanduk bola kiriman Marco Motta dari sayap kanan untuk mencetak gol pertama di menit ke 14.

Gol kedua di menit 69 juga diawali dari sisi yang sama. Aqsha Saniskara gagal menghentikan Riko Simanjuntak yang kemudian melepaskan umpan tarik ke mulut gawang. Simic pun tanpa gangguan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Jandia Eka Putra.

“Kami membuat kesalahan yang bisa dimanfaatkan oleh Persija. Kami hanya mampu mencetak satu gol meski ada banyak peluang yang dibuat,” kata kapten PSIS, Wallace Costa seusai pertandingan.

Persija bahkan bisa saja menambah satu gol lagi menjelang akhir babak kedua. Riko Simanjuntak berhasil lolos sampai kotak penalti namun kemudian terjatuh setelah terlibat kontak dengan Reza Irfana. Namun wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Macan Kemayoran.

Baca Juga: Dragan Masih Absen, PSIS Percaya Diri Hadapi Persija

Asisten pelatih, Achmad Resal Octavian yang mendampingi tim di pertandingan ini mengakui absennya Dragan Djukanovic juga cukup berpengaruh. Pelatih asal Montenegro itu masih menjalani karantina sesuai prosedur pencegahan Covid-19.

“(Tanpa Dragan) Jelas ada pengaruh. Tapi kami sebenarnya sudah menjalankan game plan sesuai instruksi head coach. Apapun itu, pemain sudah maksimal di pertandingan ini, meski hasilnya untuk Persija,” ujarnya.

Ini menjadi kekalahan kelima PSIS Semarang dari 18 pertandingan sejauh ini. Posisi Mahesa Jenar di peringkat ketujuh juga rawan digusur tim-tim di bawahnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *