in

Belum Sepekan, Penumpang Bandara Ahmad Yani Capai 34.338 Orang

Puncak arus mudik di Bandara Ahmad Yani Semarang terjadi pada 22 Desember 2023.

Pengguna jasa angkutan udara melintas di area Bandara Ahmad Yani Semarang. (istimewa)
Pengguna jasa angkutan udara melintas di area Bandara Ahmad Yani Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengalami peningkatan jumlah penumpang pada masa libur Natal dan tahun baru (nataru) 2024.

Perwakilan pihak bandara, Ahmad Zulfian Noor mengatakan, jumlah penumpang pada lima hari terakhir sejak 19 Desember 2023 mencapai 34.348 orang, terdiri dari penumpang datang dan berangkat.

“Puncak arus mudik di Bandara Ahmad Yani Semarang terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah penumpang sebanyak 7.475 orang,” ujarnya, Sabtu (23/12/2023).

Sebelumnya, General Manager Bandara Ahmad Yani, Fajar Purwawidada sudah memprediksi akan adanya peningkatan trafik pada periode nataru.

Ia memperkirakan, bakal terjadi peningkatan trafik sebesar 10 persen untuk penumpang, 14,4 persen untuk pesawat, dan 5,9 persen untuk kargo jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Untuk menghadapi lonjakan trafik saat nataru, Bandara Ahmad Yani Semarang membuka Posko Terpadu sejak 19 Desember 2023. Posko tersebut rencananya akan dibuka hingga 3 Januari 2024.

Fajar menjelaskan, Posko Terpadu didirikan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan di bandara, antara lain adalah memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang, dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan, dan keamanan bandara. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar