in

Bandara Ahmad Yani Semarang Kembangkan Program Smart Stream AI

Teknologi ini mampu memantau kegiatan operasional dengan melakukan pemantauan trafik.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah mengembangkan dan menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) computer vision yang diberi nama “Smart Stream AI”.

General Manager Bandara Ahmad Yani, Fajar Purwawidada mengatakan, penerapan teknologi berbasis artificial intelligence dalam sektor transportasi udara ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Teknologi ini mampu memantau kegiatan operasional dengan melakukan pemantauan trafik pergerakan, baik pesawat, penumpang, maupun kendaraan di area landside.

Selain itu, teknologi ini juga dapat meningkatkan pelayanan karena mampu mengetahui secara akurat layanan dan fasilitas apa yang dibutuhkan penumpang pesawat selama berada di bandara.

Seperti kegunaan untuk memantau ketersediaan troli, kelancaran pelayanan proses check in, kenyamanan ruang tunggu, fasilitas toilet, fasilitas gedung parkir.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang terbaik kepada penumpang, mulai dari saat tiba di bandara hingga saat meninggalkan bandara,” ujar Fajar, Selasa (27/2/2024).

Fajar menambahkan, teknologi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada penumpang dengan mengintegrasikan seluruh sumber daya operasional yang dimiliki di bandara, melengkapi sistem MOT (Management Operational by Traffic) yang sudah ada saat ini.

Sistem Smart Stream AI dan MOT merupakan hasil inovasi dari Bandara Ahmad Yani Semarang sendiri ke depannya dapat diterapkan di bandara-bandara lain yang ada di Indonesia.

Menurut Fajar, teknologi AI yang telah dikembangkan dan diimplementasikan sejak periode Libur Nataru 2023/2024 ini adalah sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar