in

Libur Nataru, Penumpang Bandara Ahmad Yani Capai 6.000 Orang Per Hari

Puncak arus mudik Nataru diprediksi penumpangnya mencapai 7.000 orang per hari.

Pengguna jasa pesawat sedang berjalan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru baru 2024, jumlah penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengalami peningkatan.

“Penumpang harian telah mencapai 5.000 hingga 6.000 orang per harinya,” ujar General Manager Bandara Ahmad Yani, Fajar Purwawidada, Selasa (19/12/2023).

Dia memprediksi, puncak arus mudik penumpang mencapai 7.000 orang per harinya.

Prediksi peningkatan trafik pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebesar 10 persen untuk penumpang, 14,4 persen untuk pesawat dan 5,9 persen untuk kargo jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya.

Merespons Nataru, Bandara Ahmad Yani Semarang membuka Posko Terpadu mulai 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Posko tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang, antara lain adalah memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang, dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan, dan keamanan bandara.

Bandara Ahmad Yani Semarang juga memperkenalkan teknologi artificial intelligence (AI) sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa, yaitu computer vision “smart stream AI”.

Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, keamanan, serta keselamatan dalam operasional bandar udara. Dengan teknologi ini mampu memantau kegiatan operasional di bandara sehingga dapat meningkatkan pelayanan serta kenyamanan bagi pengguna jasa Bandara.

“Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai tugas di bandara, yakni people tracking dan counting, vehicle tracking, aircraft tracking, wildlife animal tracking,” tegas Fajar. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar