in

Atasi Stunting, Demak Deklarasikan Gong Ceting

program Gong Ceting serentak di 14 kabupaten/lota Lokus Stunting di Jawa Tengah tahun 2022.

DEMAK (jatengtoday.com) – Pemerintah Kabupaten Demak mendeklarasikan Desa Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) dalam rangkaian program cegah stunting serentak di 14 kabupaten/kota lokus stunting di Jawa Tengah 2022.

Deklarasi Desa Gong Ceting secara simbolis dilakukan dengan memukul gong oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, dan didampingi Wakil Rektor ITEKES Kudus  David Laksamana Caesar, Sekda Demak Eko Pringgolaksito serta Kabid P2KB Dinpermades Maftukhah Kurniawati.

Acara deklarasi bersamaan agenda diseminasi Audit Kasus Stunting (AKS) ke-2 yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pencegahan dan Pengendalian Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak pada medio November 2022.

Untuk diketahui, program Gong Ceting serentak di 14 kabupaten/lota Lokus Stunting di Jawa Tengah tahun 2022, pelaksanaan di wilayah Demak dilakukan oleh Institut Teknologi dan Kesehatan Cendekia Utama Kudus (ITEKES Kudus) bersama Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Adapun pendanaan program matching fund Kedaireka dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 202

Penanggung pawab program GONG CETING Demak,  Dr Eko Prasetyo mengatakan, Deklarasi Desa Gong Ceting adalah salah satu desain kampanye stunting yang disiapkan bersama oleh 17 Perguruan Tinggi Konsorsium di Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan untuk percepatan penurunan stunting di 14 kabupaten/ kota lokus stunting di Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan dideklarasikannya Desa Gong Ceting oleh Wakil Bupati Demak, seluruh masyarakat mulai tingkat desa, bersama Pemerintah Desa sampai Pemerintah Kabupaten dengan seluruh OPD, termasuk stakeholder dunia usaha di Demak bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan pengendalian stunting,” kata Dr Eko.

“Baik di intervensi spesifik maupun intervensi  sensitif sehingga penurunan prevalensi stunting di Demak signifikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perguruan tinggi pendamping program stunting  di Kabupaten Demak.

Ia berharap, dengan dicanangkannya Desa Gong Ceting dan bergerak bersama maka Kabupaten Demak akan mencapai zero stunting.

“Saya yakin Kabupaten Demak akan segera mencapai zero stunting. Melalui program ini akan terjadi percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Demak,” tandasnya. (*)

Ajie MH.