in

Asprov PSSI Jateng Istirahatkan Perangkat Pertandingan Persip vs Sragen United

Asprov PSSI Jateng akan menindak tegas siapa pun yang bermain di Jawa Tengah.

Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah bergerak cepat melakukan investigasi dugaan kecurangan di laga Persip Pekalongan vs Sragen United. Perangkat pertandingan laga yang berlangsung di Stadion Hoegeng Pekalongan, Minggu (12/11) tersebut diistirahatkan.

Menurut Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi, lima orang perangkat pertandingan yang diistirahatkan untuk menunggu hasil investigasi lebih lanjut dari Komite Wasit dan Komite Disiplin PSSI Jateng.

Perangkat yang diistirahatkan yakni Pengawas Pertandingan Haryono, Bachtiar Eric Winaldy (Wasit), Juni Priyanto (Asisten Wasit 1), Rizki Pauzi (Asisten Wasit 2), dan Muhammad Restu B.D (Wasit Cadangan).

“Kemarin saya sendiri langsung menemui perangkat pertandingan yang bertugas. Saya sudah mendengarkan semua pengakuan dari perangkat pertandingan dan melihat rekaman pertandingan kejadian-kejadian yang aneh dan mencederai asas fairplay,” ujar Yoyok Sukawi, Selasa (14/11/2023).

Yoyok Sukawi juga mengatakan bahwa secepatnya investigasi terkait masalah di Pekalongan akan segera diselesaikan supaya tidak ada saling tuduh dan ada kepastian sepak bola Jawa Tengah yang bersih.

“Setelah wasit dipanggil, kami juga akan minta keterangan dari kedua klub. Nanti Komite Wasit dan Komite Disiplin yang akan memberikan hasil investigasi berdasarkan keterangan-keterangan dan melihat fakta di lapangan,” ujarnya.

“Untuk semua klub, kalau merasa ada yang aneh dengan perilaku perangkat pertandingan, jangan ragu laporkan secara resmi. Harapan kita semua, Liga 3 Jateng berjalan bersih dan sepak bola Jateng adem ayem dan Asprov PSSI Jateng akan menindak tegas siapa pun yang bermain di Jawa Tengah,” pungkas Yoyok Sukawi.

Dugaan kecurangan laga Persip vs Sragen United mencuat setelah kehadiran Bambang Suryo (BS), terpidana kasus pengaturan skor yang tepergok berada di Stadion Hoegeng. BS diduga sempat mencoba menghubungi pengurus dan pelatih Persip namun tidak direspons.

Pertandingan lanjutan kompetisi Liga 3 Jateng tersebut berkesudahan imbang 2-2. (*)

Tri Wuryono