in

Vitinho Gagal Penalti, PSIS Dipecundangi Persebaya di Jatidiri

Kegagalan menambah poin membuat PSIS belum beranjak dari peringkat 13 dan baru mengemas 35 angka.

Carlos Fortes (tengah) belum mampu membawa PSIS mengalahkan Persebaya di Stadion Jatidiri Semarang, Rabu (29/3/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang kembali menelan kekalahan dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Jatidiri Semarang, Rabu (29/3/2023), Mahesa Jenar tumbang 1-2 yang diwarnai kegagalan eksekusi penalti Vitinho.

Laga tunda pekan ke-23 tersebut langsung menyajikan duel ketat sejak awal pertandingan. Wasit Faulur Rosy sudah memberikan hadiah penalti untuk Persebaya di menit ke-5 setelah Moch Supriadi dijatuhkan Alfeandra Dewangga di area terlarang.

Ze Valente yang maju sebagai algojo penalti gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Eksekusinya masih bisa ditepis oleh Adi Satryo.

Hanya semenit berselang, PSIS berbalik menekan dan menciptakan peluang melalui Taisei Marukawa. Sepakan pemain bernomor 7 itu gagal dijangkau Ernando Ari tapi masih membentur tiang kiri gawang.

Tuan rumah kembali mendapat peluang emas di menit 16. Percobaan Carlos Fortes dari luar kotak penalti melebar di kanan gawang.

PSIS akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit ke-26. Free kick Marukawa dari sisi kanan pertahanan Bajul Ijo menciptakan kemelut dan diakhiri dengan sundulan kepala Alfeandra Dewangga.

Tapi keunggulan tersebut hanya bertahan lima menit. Paulo Victor mampu mencetak gol penyama kedudukan setelah meneruskan umpan Sho Yamamoto.

Skor 1-1 menutup babak pertama.

Selepas turun minum, PSIS lebih dulu menebar ancaman di menit 51. Carlos Fortes lolos dari pengawalan Leo Lelis tapi belum mampu menaklukkan Ernando. Sepakannya bisa dimentahkan kiper Persebaya dan bola rebound juga tidak mampu dimaksimalkan oleh Fredyan Wahyu.

Ernando kembali menggagalkan peluang tuan rumah untuk mencetak gol di menit ke-58. Wawan Febrianto merangsek hingga mendekati gawang namun Ernando sigap menghalau bola.

Tuan rumah semakin bernafsu untuk menambah gol. Menit 61, Marukawa menyisir sisi kanan pertahanan Persebaya dan diakhiri dengan sepakan kaki kiri yang lagi-lagi dimentahkan Ernando.

Carlos Fortes berduel dengan bek Persebaya, Leo Lelis. (foto: jatengtoday.com)

PSIS mengklaim penalti ketika Fortes terjatuh di menit ke-70 setelah berduel dengan Leo Lelis. Tapi wasit hanya memberikan tendangan gawang untuk Persebaya.

Wasit akhirnya benar-benar memberikan penalti untuk PSIS di menit ke-87. Leo Lelis dianggap melakukan hand ball ketika berduel dengan Hari Nur Yulianto.

Tapi Vitinho yang menjadi eksekutor penalti membuang kesempatan memberi keunggulan Mahesa Jenar. Pemain yang masuk menggantikan Wawan Febrianto itu gagal menaklukkan Ernando.

Tak lama berselang, PSIS justru dihukum oleh Brylian Aldama yang menciptakan gol kemenangan di menit ke-88. Dari skema serangan balik, Catur Pamungkas mengirimkan umpan tarik dari sayap kanan yang mampu dimaksimalkan Brylian untuk menjebol gawang Adi Satryo.

Usaha tuan rumah untuk mencetak gol di sisa waktu pertandingan tidak berbuah hasil. PSIS tumbang 1-2 dan menambah panjang puasa kemenangan menjadi 9 laga. Carlos Fortes dkk juga menjalani enam pertandingan terakhir dengan kekalahan.

Kegagalan menambah poin membuat PSIS belum beranjak dari peringkat 13 dan baru mengemas 35 angka. Sedangkan Persebaya naik ke peringkat ketujuh dengan poin 45.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Bayu Fiqri/Ryo Fujii (60′), Wahyu Prasetyo, Alfeandra Dewangga; Fredyan Wahyu Sugiantoro, Delfin Rumbino/Ridho Syuhada (76′), Luthfi Kamal/Oktafianus Fernando (90′), Riyan Ardiansyah; Wawan Febrianto/Vitinho (76′), Carlos Fortes/Hari Nur Yulianto (76′), Taisei Marukawa
Persebaya Surabaya: Ernando Ari Sutaryadi–Catur Pamungkas/George Brown (96′), Leo Lelis, Riswan Lauhim, Alta Ballah; Brylian Aldama/Rizky Dwiyan (95′), Muhammad Hidayat, Ze Valente; Moch Supriadi, Paulo Victor, Sho Yamamoto
(*)
Tri Wuryono