in

Tidak Gratis! Vaksin Booster Dipatok Rp 300 Ribu per Dosis

Vaksinasi untuk anak SD di Medan diwarnai dugaan kasus penyuntikan vaksin kosong. (pixabay)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Vaksin booster atau vaksi dosis ketiga bakal digeber mulai 12 Januari 2022 mendatang. Tidak semua dosis vaksin booster gratis. Ada yang berbayar.

“Dimulainya vaksin booster pada 12 Januari 2022 sekaligus keduanya (gratis dan berbayar),” kata Jubir Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Selasa (4/1/2022).

Dijelaskan, vaksin booster gratis hanya diberikan untuk warga Penerima Bantuan Iuran (PBI), khususnya kalangan lansia.

“Yang pasti target pemerintah adalah vaksinasi kepada lansia sebagai kelompok yang rentan masuk rumah sakit saat terpapar dan juga bergejala berat,  bahkan meninggal,” katanya.

Baca Juga: Tidak Semua Diberi Vaksin Booster, Menkes Jelaskan Kriterianya

Tarif Vaksin Booster di Faskes

Selain itu, ada peserta mandiri yang membayar sendiri, dibayar perusahaan atau orang lain untuk mendapatkan suntikan vaksin booster di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) dengan kisaran tarif Rp 300 ribu per dosis.

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sebanyak 21 juta jiwa masyarakat Indonesia masuk dalam kelompok sasaran vaksinasi booster yang bergulir mulai 12 Januari 2022.

Dijelaskan, tidak semua warga akan diberikan vaksin booster. Vaksin booster akan didistribusikan ke kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya sudah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.

“Sampai sekarang ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut,” tegasnya.

Budi mengatakan vaksinasi booster akan diberikan dengan interval suntikan di atas enam bulan sesudah dosis kedua diterima.

Saat ini sudah tersedia sektiar 113 juta dosis vaksin booster dari total kebutuhan sebanyak 230 juta dosis.

Terkait jenis vaksin yang akan digunakan, akan diputuskan setelah adanya rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.