in

Tingkatkan Kualitas Kehumasan, BPN Jateng Gelar Pelatihan Pembuatan Rilis Berita

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pelatihan kehumasan di lingkup Kantor Wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Jateng digelar secara virtual, Rabu (21/10/2020). Staf humas dari Kantor Pertanahan di 35 kabupaten/kota di Jateng mengikutinya dari kantor masing-masing. Sementara humas Kanwil BPN Jateng mengikuti secara langsung di aula kantor setempat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Kakanwil BPN Jateng, Embun Sari menuturkan, Pelatihan Pembuatan Rilis Berita, Infografis, dan Konten Video ini dirasa sangat penting. Dia merasa, strategi komunikasi publik di instansi pemerintah saat ini sudah menghadapi fase post truth.

“Artinya, kebenaran suatu berita tidak lagi sepenuhnya ditentukan fakta-fakta di balik peristiwa, tapi sudah sangat terpengaruh masifitas informasi yang tersebar melalui jejaring media sosial dan media online,” ucapnya.

Karena itu, tugas kehumasan pemerintah semakin kompleks. Perlu strategi komunikasi publik yang bukan saja harus cepat dan masif, juga efektif dan efisien dalam mencapai tujuan sosialisasi.

“Jadi kami perlu SDM yang dapat membuat rilis berita, infografis dan konten video yang dapat disosialisasikan kepada publik. Tentu dengan memerhatikan faktor-faktor jurnalistik,” terangnya.

 

Pada kesempatan itu, salah satu narasumber yang juga wartawan jatengtoday.com, Abdul Mughis menjelaskan mengenai jurus-jurus membuat produk jurnalistik. Mulai dari persiapan membuat berita, hingga mengolah isu yang sedang hangat di tengah masyarakat.

Anggota Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) ini juga memberikan sejumlah kiat agar rilis yang dibuat kehumasan pemerintah bisa semenarik berita-berita konvensional.

“Pertama soal sudut pandang dalam melihat suatu peristiwa. Cari sesuatu yang menarik untuk dikupas. Cara-cara membuat rilis memang gampang dicari di dunia maya. Tapi insting mencari sudut pandang peristiwa, hanya bisa dilatih dengan kreativitas,” paparnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto