in

Ribuan Pengawas TPS di Kota Semarang Resmi Dilantik

Pengawas TPS yang terlantik harus segera tancap gas melakukan kerja pengawasan.

Pengawas TPS di Kota Semarang ikuti pelantikan. (istimewa)
Pengawas TPS di Kota Semarang ikuti pelantikan. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Sebanyak 4.646 orang resmi dilantik sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Semarang. Pengawas TPS nantinya akan menjadi ujung tombak dalam menjaga kualitas Pemilu 2024.

Pelantikan Pengawas TPS dilaksanakan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di tingkat kecamatan pada 21–22 Januari 2024. Selanjutnya, mereka akan melaksanakan tugas pengawasan TPS di masing-masing wilayahnya pada hari pemungutan suara nanti. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Arief Rahman mengatakan, jumlah Pengawas TPS yang dilantik sama dengan jumlah TPS yang ada di Kota Semarang. Nantinya, sesuai dengan ketentuan bahwa satu TPS akan diawasi oleh satu orang Pengawas TPS.

Arief menegaskan Pengawas TPS yang terlantik harus segera tancap gas melakukan kerja pengawasan. Pengawas TPS harus memiliki jiwa berani dan tegas dalam mencegah segala bentuk pelanggaran pemilu, khususnya politik uang.

“Pengawas TPS harus berani mengawasi dan menegur jika menemukan dugaan pelanggaran agar proses Pemilu tidak diciderai politik uang,” ungkap Arief di hadapan peserta pelantikan.

Arief memastikan ribuan Pengawas TPS telah melalui proses seleksi ketat di tingkat Panwaslu Kecamatan. Jumlah pendaftar Pengawas TPS di Kota Semarang sebanyak 5.614 orang, kemudian terpilih 4.646 orang yang resmi dilantik hari ini. 

Seleksi Panwaslu Kecamatan terdiri dari seleksi administrasi dan wawancara. Para pendaftar harus memenuhi syarat sebagai Pengawas TPS sesuai dengan ketentuan undang-undang pemilu.

Pembekalan tidak hanya setelah pelantikan, nantinya Pengawas TPS akan memperoleh bimbingan teknis lanjutan sebagai pemantapan pengetahuan pengawasan terutama memahami alur pungut hitung.

“Selamat bekerja, selamat mengabdi dan selamat mengawasi TPS pada Pemilu Tahun 2024, Kenakan Rompi, Topi dan tanda pengenal saat menjalankan tugas tunjukkan Pengawas TPS mempunyai keberanian dan wibawa,” harap Arief. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar