in

Ratusan Lansia di Solo Mulai Disuntik Vaksin Booster

Vaksin booster tersebut diberikan kepada seluruh orang lanjut usia yang sudah menerima vaksin dosis satu dan dua.

Wali Kota Gibran Rakabuming saat berinteraksi dengan salah satu penerima vaksin booster di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta, Jumat (14/1/2022). (antara/aris wasita)

SOLO (jatengtoday.com) – Ratusan orang lanjut usia di Kota Solo mulai menerima vaksin booster atau penguat sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Saat ini capaian vaksinasi (dosis satu dan dua) sudah mencapai 93,9 persen atau 55.565 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di sela pemberian vaksin booster di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno, Jumat (14/1/2022).

Ia menargetkan vaksin booster tersebut diberikan kepada seluruh orang lanjut usia yang sudah menerima vaksin dosis satu dan dua. Kelompok lansia menjadi salah satu penerima prioritas selain masyarakat kelompok rentan.

“Kelompok rentan ini yang memiliki penyakit rentan, seperti ginjal, jantung, penyakit regriati,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Mulai Digelar, Jateng Kebagian 400 Dosis

Pada pemberian vaksin booster kali ini, sasaran penerima sebanyak 400 orang. “Baru 200 dosis untuk 400 warga. Ini belum dapat tambahan lagi, namun saya sudah mengajukan surat. Ada Sinovac 30.000 dosis, Moderna 20.000 dosis, dan AC (AstraZeneca) sebanyak 20.000 dosis,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka membenarkan stok vaksin masih terbatas. Terkait hal itu, pihaknya sudah mengajukan vaksin tambahan.

“Saya sudah minta ke Pak Dandim dan Kapolres untuk program ini, tetapi TNI/Polri yang tersedia masih Sinovac semua,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Dimulai Hari Ini, Bagaimana Cara Dapatnya?

Untuk proses pemberian vaksin yang diikuti oleh lansia tersebut, pihaknya mengapresiasi antusiasme warga. “Lansia antusias, lancar, semua antusias. Semoga bisa tambah sehat setelah dapat booster,” katanya.

Salah satu penerima vaksin penguat, Suraji Cipto Diharjo (69) mengaku senang bisa memperoleh suntikan tersebut. “Terima kasih sekali kepada pemerintah, hari ini saya bisa divaksin tiga kali untuk menambah imun tubuh,” kata warga Kecamatan Banjarsari Solo ini.

Ia mengatakan untuk vaksin dosis pertama sudah diterima pada tanggal 1 Maret 2021 dan vaksin dosis kedua pada 31 Maret 2021. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *