in

Puncak Arus Mudik, 182.277 Penumpang KA Turun di Semarang dan Sekitarnya

SEMARANG (jatengtoday.com)PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) IV Semarang mencatat hingga saat ini sudah 182.277 penumpang KA yang turun di wilayahnya. Kepadatan pemudik via KA ini sudah dimulai sejak Minggu (26/5/2019).

Humas PT KAI Daop IV, Krisbiyantoro mengatakan, puncak arus mudik 2019 memang diprediksi pada akhir bulan ini. Namun, kepadatan pemudik via KA diprediksi baru berakhir pada Minggu (16/6/2019) mendatang.

“Sampai saat ini (Kamis pagi), penumpang yang turun di wilayah Daop IV sudah mencapai 182.277 orang,” ujar Kris saat dihubungi, Kamis (30/5/2019).

Dia menjelaskan, beberapa stasiun di Daop IV yang menjadi kantong pemudik diantaranya Stasiun Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, dan Stasiun Cepu.

“Di stasiun-stasiun tersebut jumlah penumpangnya mencapai ribuan tiap harinya,” imbuh Kris. Ia mencontohkan jumlah penumpang di Stasiun Semarang Tawang pada Kamis ini mencapai 7.220 penumpang.

Bahkan, membeludaknya penumpang sudah terjadi sejak 26 Mei. Pada tanggal tersebut, Stasiun Tegal sudah menurunkan 3.246 penumpang, Stasiun Pekalongan 2.223 penumpang, Stasiun Semarang Tawang mencapai 3.862, serta di Stasiun Semarang Poncol mencapai 5.116 penumpang.

Sementara di stasiun lainnya, seperti Stasiun Pemalang, Batang, Weleri, Alastua, Brumbung, Karangjati, Sedadi, Ngrombo, Randublatung, Telawa, hingga Stasiun Gundih, jumlah penumpangnya masih di bawah seribu orang.

Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang, PT KAI Daop IV Semarang menyiagakan 52 personel kesehatan yang tersebar di 6 pos kesehatan. Mulai dari Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Ngrombo dan Cepu.

“Transportasi kesehatan seperti ambulans juga siaga di tiap posnya. Selain itu, kami bekerjasama dengan 29 rumah sakit yang tersebar dari Tegal hingga Cepu. Semua untuk kenyamanan para penumpang dan pemudik yang menggunakan jasa kereta api khususnya di Daop IV,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto