in

Pulang dari Liberia Hanya Karantina 10 Hari, Pria Ini Ternyata Positif Omicron

Ilustrasi. Pasien Covid-19 memasuki bus sekolah untuk menuju Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran di Puskesmas Menteng, Jakarta, Minggu (20/6/2021). (antara foto/galih pradipta)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat melaporkan seorang warga asal Pademangan terpapar Covid-19 varian Omicron, setelah melakukan perjalanan dari Liberia.

Kepala Satuan Pelaksana UKP Puskesmas Kecamatan Menteng, Jonathan Aditama, mengatakan, warga laki-laki tersebut sebenarnya sudah menjalani karantina selama 10 hari di Hotel Fraser Residence, Menteng, Jakarta Pusat.

“Karena dia bukan dari daftar negara yang mengharuskan karantina 14 hari, maka dia karantina 10 hari dan memilih hotel di Menteng sebagai tempat isolasi,” kata Jonathan, Senin (10/1/2022).

Jonathan menjelaskan, setelah menjalani karantina selama 10 hari, warga asal Pademangan itu baru merasakan gejala Covid-19.

Setelah dilakukan tes usap, ia terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Ia pun ditindaklanjuti oleh Puskesmas Kecamatan Pademangan untuk diisolasi di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

“Sudah ditangani oleh tim PKC Pademangan, untuk dirujuk ke Wisma Atlet,” kata dia.

Atas temuan tersebut, Puskesmas Kecamatan Menteng juga memastikan kondisi kesehatan warga lainnya di Hotel Fraser Menteng, termasuk terhadap karyawan.

Setidaknya 165 karyawan di hotel tersebut dilakukan tes usap sebagai upaya “tracing” untuk melacak potensi penyebaran varian Omicron.

Adapun Fraser Residence Menteng merupakan satu dari 72 hotel di Jakarta yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai tempat isolasi atau karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri. (ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.