in

Kasus Omicron Pertama Terdeteksi di Fasilitas Karantina Wisma Atlet, Menkes Ungkap Kronologinya

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (humas setkab/agung)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengonfirmasi seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta tertular Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron.

Budi mengatakan awalnya terdapat tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Dari temuan itu hasilnya dikirimkan ke Balitbangkes Kemenkes untuk dikonfirmasi ulang. Menurut Budi, hasil konfirmasi ulang keluar pada 15 Desember.

“Tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala. Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun satu dari tiga sampel yang diperiksa oleh Balitbangkes Kemenkes dilaporkan tertular Omicron,” kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (16/12/2021).

Pasien tersebut berinisial N. Kemenkes telah mengambil sampel virus genom (whole genome sequencing) N pada 8 Desember 2021 dan dikirim ke GISAID. “Pada 10 Desember kami terima hasilnya,” katanya.

GISAID sendiri merupakan institusi yang dibuat oleh Pemerintah Jerman dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Internasional untuk mempelajari data genetika virus.

Menkes menambahkan, petugas kebersihan tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan internasional. “Petugas pembersih ini tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri,” katanya.

Menurut Budi kronologi kasus penularan yang sama juga pernah dilaporkan otoritas terkait di Hongkong. “Jadi karena dia melayani pasien, akibatnya dia tertular,” katanya.

Budi memastikan hingga sekarang belum muncul laporan transmisi komunitas dari kasus yang dialami N di Wisma Atlet. (ant)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.