in

Prabowo Subianto Suguhkan Aksi Dua Jet Tempur dalam Jalan Sehat di Makassar, Netizen: Pakai Uang Pribadi atau APBN?

Untuk sekadar acara jalan sehat, hiburannya sangat mewah, yakni aksi dua jet tempur mahal.

MAKASSAR (jatengtoday.com) – Acara jalan sehat yang dihadiri Menteri Pertahanan sekaligus bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Pranowo Subianto di Makassar jadi perhatian. Sebab, dalam acara di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (6/8/2024) itu, ada suguhan mewah. Yakni aksi fly pass dua jet tempur Shukoi.

Pegiat media sosial Septian Raharjo mempertanyakan keterlibatan dua unit pesawat tempur mahal tersebut. Terlebih atraksi jet temput tersebut hanya untuk acara jalan sehat.

“Hiburanya ngeri ya mas.. Jalan sehat aja nerbangin JET begituan. Itu pakai Uang APBN atau duit pribardi mas?,” cuit septian melalui akun @Gus_Raharjo menganggapi unggahan video jubir menhan Dahnil Anzar Simanjuntak di media sosial X yang berisi rekaman aksi tersebut.

Dalam video berdurasi 17 detik yang diunggah akun @DahnilAnzar, terlihat dua unit jet tempur Sukhoi dari Skuadron Udara 11 Lanud Hasanudin, melakukan terbang melintas (fly pass) sambil menyalakan generator asap diatas kerumunan massa yang di dalamnya terdapat Prabowo Subianto.

Senada, pegiat media sosial Nikmatul Sugiyarto juga mempertanyakan hal serupa.

“Mau tanya Serius bang, itu JET atraksi Dibiayai Negara dengan Uang APBN apa Dengan Duit Pribadi Pak @prabowo, ya??? Soalnya kemarin habis ditegur pak @jokowi ttg membengkaknya anggaran di Kemhan. Apalagi berkaitan dengan properti yg fantastis di dalamnya spt yg dipamerkan hari ini. Jadi saya bertanya-tanya jet yg kata temen2 keren itu dari mana duitnya???,” cuitnya lewat akun @Nikmatul_sg

Diketahui jet tempur Su-27 dan Su-30 yang dioperasikan  TNI AU memiliki biaya operasional yang sangat mahal, yakni sekitar Rp400 juta tiap pesawat untuk satu jam terbang.

Sementara itu, pada panduan penggunaan alat utama sistem kesenjataan (alutsista) TNI diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan RI Nomor 46 Tahun 2016. Pada pasal 5 menyebut, Alutsista dapat digunakan pada penyelenggaraan tugas perbantuan dalam rangka operasi militer selain perang, terdiri atas: a. membantu tugas pemerintah di daerah, b. membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan; dan  c. membantu pencarian dan pertolongan kecelakaan  (search and rescue).

Usai mengikuti jalan sehat tersebut, Prabowo langsung kembali ke Jakarta.

Sementara itu, sejumlah media pada Rabu (9/8/2023) mewartakan bahwa penerbangan dua jet tempur sukhoi itu bukan untuk menyambut Prabowo, melainkan permintaan Pemprov Sumsel dalam rangka perayaan hari jadi Prov Sumsel. (*)

Ajie MH.