in

Prabowo Resmikan 12 Titik Sumber Air di Pamekasan

Sejak tahun 2022, Prabowo telah memberi instruksi kepada Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih yang bertugas memetakan wilayah yang sering mengalami kekeringan.

Prabowo Subianto meresmikan sumber air bersih di Pamekasan. (foto: dokumentasi Gerindra)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto meresmikan 12 titik sumber air yang berlokasi di 5 kecamatan di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (26/11/2023). Bantuan ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh 10 ribu warga Pamekasan.

Dilansir dari laman resmi Gerindra, belasan titik yang diresmikan oleh Prabowo itu meliputi 3 titik di Kecamatan Pegantenan; 2 titik di Kecamatan Palengaan; 4 titik di Kecamatan Batumarmar; 2 titik di Kecamatan Waru; dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

Baca Juga: Dukung Program Prabowo Subianto, GN 08 Fokus Atasi Masalah Sanitasi Dasar

Sejak tahun 2022, Prabowo telah memberi instruksi kepada Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih yang bertugas memetakan wilayah yang sering mengalami kekeringan.

Satgas Air Bersih itu kemudian diinstruksikan untuk membuat sumur bor beserta sarana dan prasarana lainnya yang dapat mempermudah masyarakat untuk mendapat akses air bersih.

Prabowo Subianto mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras semua pihak yang akhirnya mampu membantu masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di wilayah Pamekasan, menghadapi krisis air bersih.

“Kita bisa melihat hasil kerja keras dari banyak unsur. Untuk itu, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Rektor Unhan, Dekan Fakultas Science dan Teknologi Pertahanan, para insinyur, ahli teknik, kalian yang telah bekerja keras sehingga hari ini kita lihat di 12 titik, air sudah mengalir, sudah dimanfaatkan,” kata Prabowo.

Bantuan ini, lanjut Prabowo, nantinya dapat dimanfaatkan oleh hampir 10 ribu warga Pamekasan. “Tadi saya dapat laporan, kalau dihitung kurang lebih bantuan ini akan dirasakan manfaatnya oleh hampir 10 ribu warga Pamekasan, mereka sudah tidak mengalami kesulitan air,” jelasnya.

Prabowo pun menegaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk memperluas jangkauan bantuan titik sumber air bersih ini ke wilayah-wilayah lainnya yang terdampak krisis air. (*)

Tri Wuryono