in

Piala Soeratin U-17 Jateng 2023: Persiku Juaranya

Piala Soeratin U-17 Jateng 2023 diikuti 22 tim yang dibagi menjadi 6 grup.

Ketua Asprov PSSI Jateng Yoyok Sukawi menyerahkan trofi juara Piala Soeratin U-17 2023 kepada Persiku Kudus U-17. (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Persiku Kudus U-17 menjadi kampiun Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah 2023. Pada partai final di Stadion Jatidiri Semarang, Selasa (5/12/2023), pasukan Macan Muria menang telak 3-0 atas Satria Muda Ajibarang U-17.

Chelsea Dyka Alfatih sudah membawa Persiku memimpin saat pertandingan baru berjalan 4 menit. Keunggulan satu gol tersebut mampu dipertahankan anak asuh Widhoro Heriyanto hingga turun minum.

Usaha Satria Muda mencari gol penyeimbang selalu mentah di barisan pertahanan Persiku. Pergantian pemain yang dilakukan pelatih Widhoro berbuah manis dengan terciptanya dua gol tambahan di babak kedua.

Damar Hasan Nawawi yang masuk di menit ke-65 sukses menggandakan keunggulan Persiku empat menit berselang. Gol ini tercipta dari skema serangan balik.

Gol ketiga Persiku lagi-lagi dicetak oleh pemain pengganti. Muhammad Arizal Fahrezi yang menggantikan Chelsea Alfatih menjebol gawang Satria Muda di menit 76.

Pemain Satria Muda Ajibarang U-17,Rifelo Saputra belum mampu membawa timnya menjebol gawang Persiku Kudus U-17. (foto: jatengtoday.com)

Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi mengapresiasi kesuksesan gelaran Piala Soeratin U-17 di Jawa Tengah. Kompetisi kelompok umur yang digulirkan sejak 7 Oktober tersebut diharapkan bisa melahirkan pemain-pemain muda berkualitas.

“Alhamdulillah Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah 2023 berjalan lancar dan sukses. Hari ini digelar pertandingan final di stadion kebanggaan Jawa Tengah, Stadion Jatidiri,” kata Yoyok Sukawi.

Yoyok juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kompetisi Piala Soeratin U-17 Jateng, termasuk klub dan pemain.

“Dari Piala Soeratin ini kami berharap bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas yang nantinya bakal siap jika dibutuhkan Jawa Tengah,” ujarnya.

Singkirkan Juara Bertahan

Persiku Kudus menjadi juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2023 setelah melalui perjuangan yang luar biasa. Salah satunya dengan menyingkirkan juara bertahan, Persab Brebes U-17.

Piala Soeratin U-17 Jateng 2023 diikuti 22 tim yang dibagi menjadi 6 grup. Di babak penyisihan, Persiku berada di Grup D bersama Safin Pati FC, Hati Beriman FC dan Persipur Purwodadi.

Galang Nanda Pragata dkk melaju ke babak 12 dengan status juara grup. Skuad besutan Widhoro Heriyanto itu sukses menjadi juara grup dengan menyisihkan Bhayangkara Muda Semarang dan AT Farmasi Sukoharjo untuk melaju ke babak semi final.

Di fase 4 besar, Persiku bertemu Persab Brebes–juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022. Mereka membuat kejutan dengan mengalahkan sang juara bertahan pada semi final leg pertama di Stadion Karangbirahi Brebes.

Laga yang berlangsung pada 11 November tersebut dimenangkan Persiku dengan skor tipis 1-0. Namun, saat giliran menjadi tuan rumah pada 18 November, Laskar Macan Muria muda justru menyerah dengan skor 0-1. Mereka berhak ke final setelah menang adu penalti 5-4.

Satria Muda Ajibarang U-17 harus puas menjadi runner-up Piala Soeratin U-17 Jateng 2023. (foto: jatengtoday.com)

Sedangkan Satria Muda Ajibarang juga harus melalui drama adu penalti saat menyingkirkan Persiharjo Sukoharjo di babak semi final. Kalah 1-2 di Purwokerto, Asshril Firman dkk menang 1-0 di leg kedua dan menang adu penalti 5-4.

“Kami bisa memenangkan pertandingan final ini dengan mengandalkan kecepatan pemain depan. Kemenangan ini pantas dirayakan oleh semua pemain, mereka luar biasa,” kata Widhoro Heriyanto. (*)

Tri Wuryono