in

Persab Brebes Juara Piala Soeratin U-17 Jateng 2022

Persab harus bermain dengan 10 pemain setelah Andriyan Rauf diganjar kartu merah.

Persab Brebes Juara Piala Soeratin U-17 Jateng setelah mengalahkan PSD Demak 3-0 di Stadion Citarum Semarang, Selasa (20/12/2022). (foto: dokumentasi PSSI Jateng)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Persab Brebes keluar sebagai juara Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah 2022. Pada laga final di Stadion Citarum, Semarang, Selasa (20/12/2022), Badrus Zaman dkk menundukkan PSD Demak dengan skor 3-0.

Pertandingan yang digelar tanpa penonton tersebut berlangsung ketat sejak menit pertama. Laga baru berumur 4 menit, PSD harus kehilangan Ahmad Fathul Wafa yang mengalami cedera hidung akibat benturan dengan pemain lawan.

Persab Brebes lebih mendominasi permainan selepas 20 menit pertama. Tim besutan Tarikh Azis Ulman sukses mencetak gol di menit ke-35 melalui sepakan kapten Badrus Zaman.

Di awal babak kedua, tepatnya menit ke-50, Mufdi Iskandar menggandakan keunggulan Persab Jr. Dua menit berselang, Persab harus bermain dengan 10 pemain setelah Andriyan Rauf diganjar kartu merah.

Unggul jumlah pemain tak mampu dimanfaatkan oleh PSD Jr. Bahkan gawang mereka harus kebobolan untuk kali ketiga di menit ke-77 lewat sepakan Dandi Setiadi.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa pertandingan. Persab Brebes menjadi kampiun Piala Suratin U-17 Jawa Tengah 2022 dan berhak melaju ke putaran Nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Februari tahun depan.

Persab Brebes Jr berhak mewakili Jawa Tengah di putaran Nasional Piala Soeratin U-17. (foto: istimewa)

Pelatih Persab Jr, Tarikh Azis Ulman mengapresiasi perjuangan anak asuhnya hingga sukses menuai prestasi di ajang Piala Soeratin U-17 Jateng 2022.

“Luar biasa, saya mengapresiasi perjuangan anak-anak. Kami harus kehilangan pemain karena kartu merah, tapi mental anak-anak tidak goyah. Gelar ini adalah hasil kerja keras pemain,” ucapnya.

Sementara, pelatih PSD Demak Jr, Febrianto Tri Cahyo mengakui gol pertama Persab berpengaruh terhadap mental pemainnya.

“Gol pertama itu mengubah segalanya. Pemain Persab menjadi lebih tenang sehingga menyulitkan kami berkembang. Selamat untuk Persab,” ujarnya.

Sukses Persab Brebes Jr mengulang torehan prestasi serupa yang diraih pada 2016 silam. Selain mewakili Jateng di putaran Nasional Piala Soeratin U-17, skuad Joko Poleng Muda juga berhak atas hadiah uang pembinaan Rp20 juta.

Sebagai runner-up, PSD Demak Jr mengantongi hadiah uang pembinaan Rp10 juta. (*)

Tri Wuryono