in

Persib Permalukan PSIS di Jatidiri

Persib juga melanjutkan dominasinya atas PSIS dengan catatan enam kemenangan dari delapan kali pertemuan.

Pemain Persib merayakan gol Marc Klok ke gawang PSIS Semarang. (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang dipermalukan tamunya Persib Bandung dengan skor 1-3 pada lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Selasa (31/1/2023). Gol Marc Klok, Ciro Alves dan David da Silva hanya mampu dibalas oleh Taisei Marukawa.

PSIS memulai laga pekan ke-21 dengan bekal dua kemenangan beruntun atas RANS Nusantara dan Arema FC. Sementara, tim tamu mengincar kemenangan demi mengudeta Persija Jakarta di puncak klasemen.

Persib lebih menguasai permainan di sepanjang babak pertama. Marc Klok dkk beberapa kali menciptakan ancaman ke gawang tuan rumah yang dikawal Adi Satryo.

Tim tamu berhasil memecah kebuntuan di menit ke-18. David da Silva lepas dari perangkap offside dan berhasil melewati kiper Adi Satryo. Striker Maung Bandung itu kemudian mengirim umpan ke mulut gawang dan disambut tandukan Marc Klok.

David da Silva kembali menjadi aktor terciptanya gol kedua di menit 36. Assist eks striker Persebaya berhasil dituntaskan Ciro Alves untuk menaklukkan Adi Satryo. Persib memimpin 2-0 hingga turun minum.

Selepas jeda, PSIS memasukkan Taisei Marukawa dan pemain anyar Vitinho. Perubahan ini mampu meningkatkan intensitas serangan Mahesa Jenar dan berhasil mencetak gol balasan melalui Marukawa di menit ke-50.

Namun di tengah upaya tuan rumah untuk menambah gol, mereka lagi-lagi dihukum oleh David da Silva. Penyerang asal Brasil itu sukses meneruskan umpan Rezaldi Hehanusa dan membawa Maung Bandung memimpin 3-1 di menit ke-80.

Keunggulan Persib bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan tersebut membawa Maung Bandung ke puncak klasemen dengan poin 42 unggul satu angka atas Persija Jakarta. Persib juga melanjutkan dominasinya atas PSIS dengan catatan enam kemenangan dari delapan kali pertemuan.

Susunan Pemain

PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Brandon Scheunemann, Taufik Hidayat; Luthfi Kamal, Ryo Fujii/Ridho Syuhada (72′); Oktafianus Fernando/Taisei Marukawa (46′), Wawan Febrianto/Septian David Maulana (72′), Riyan Ardiansyah/Vitinho (46′); Carlos Fortes/Rizky Dwi Pangestu (82′)
Persib Bandung: Teja Pakualam–Rachmat Irianto, Nick Kuipers, Victor Igbonefo; Kakang Rudianto, Dedi Kusnandar/Abdul Aziz (68′), Marc Anthony Klok, Daisuke Sato/Rezaldi Hehanusa (68′); Ezra Walian/Febri Hariyadi (68′), David da Silva/Robi Darwis (88′), Ciro Alves/Beckham Putra (57′)
(*)
Tri Wuryono