in

Tim Liga 1 Mulai Menggeliat Sambut Musim Baru

Persib Bandung tak mau kalah dan secara resmi mendatangkan dua pemain Tim Nasional Indonesia, yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Hansamu Yama Pranata resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Persija Jakarta, Rabu (6/4/2022). (foto: tangkapan layar Instagram Persija Jakarta)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Klub-klub Liga 1 mulai menggeliat menyambut musim baru. Setelah Carlos Fortes dan Taisei Marukawa yang diboyong PSIS Semarang, Arema FC, Persija Jakarta dan Persib Bandung juga memerkenalkan rekrutan anyar mereka.

Arema FC memastikan empat pemain baru memperkuat skuad yang diarsiteki pelatih asal Portugal Eduardo Almeida ini musim depan. Keempat pemain itu adalah Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola dan Andik Rendika Rama yang diperkenalkan melalui unggahan di akun media sosial klub, Selasa (5/4/2022).

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arema FC (@aremafcofficial)

Masuknya Evan Dimas dan Adam Alis akan memberi warna tersendiri bagi Singo Edan. Kedua pemain yang musim sebelumnya memperkuat Bhayangkara FC itu akan menambah daya gedor lini tengah Singo Edan.

Sedangkan pemain agresif Gian Zola yang sebelumnya memperkuat Persela Lamongan akan menjadi pembeda untuk lini tengah Arema FC.

Untuk lini belakang, Arema FC mendatangkan bek sayap Andik Rendika Rama dari Madura United. Andik diharapkan menambah persaingan di posisi fullback setelah kepergian Diego Michiels.

Arema FC telah memperpanjang kontrak tiga pemain asing yang masuk daftar pemain inti musim lalu, yakni Sergio Silva, Renshi Yamaguchi dan Adilson Maringa. Singo Edan juga memperpanjang kontrak pelatih Eduardo Almeida.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Persija Jakarta (@persija)

Sementara, Persija Jakarta mengumumkan bek tengah Hansamu Yama Pranata sebagai rekrutan ketiga mereka mulai musim baru 2022-2023, setelah Firza Andika dan Hanif Sjahbandi.

Dikutip dari laman Persija, Rabu (6/4/2022), mantan penggawa Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya itu diikat dengan kontrak berdurasi satu musim dengan opsi perpanjangan satu musim.

Hansamu Yama Pranata merupakan pesepak bola ternama di Indonesia dengan segudang pengalaman pada level klub maupun tim nasional Indonesia.

Sebelum berseragam Bhayangkara dan Persija, Hansamu pernah merumput untuk Barito Putera dan Persebaya.

Di level tim nasional, Hansamu Yama pernah membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013, meraih medali perunggu SEA Games 2017 dan peringkat kedua Piala AFF 2016.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PERSIB (@persib)

Persib Bandung tak mau kalah dan secara resmi mendatangkan dua pemain Tim Nasional Indonesia, yakni Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, yang sebelumnya bermain untuk Persebaya Surabaya.

Kedua pemain tersebut diperkenalkan melalui laman resmi sosial media Persib, Rabu (6/4/2022), dengan video animasi singkat yang diunggah dalam laman Instagram resmi tim @persib.

Dalam video perkenalan itu, Rachmat dan Ricky tampil secara animasi bersama-sama akan berkostum Pangeran Biru untuk Liga 1 2022.

Transfer Ricky dan Rachmat ke Persib tersebut menjawab rumor yang sebelumnya sudah ramai diperbincangkan kalangan penggemar sepak bola Indonesia bahwa kedua pilar Timnas pada Piala AFF 2020 itu akan meninggalkan Persebaya untuk pindah ke Persib.

Ricky Kambuaya adalah gelandang serang kelahiran Sorong, 5 Mei 1996 yang bergabung dengan Persebaya sejak Januari 2020 setelah sebelumnya memperkuat PSS Sleman.

Di Persebaya, permainan Ricky berkembang pesat hingga dilirik Shin Tae-yong untuk berkostum Timnas Indonesia.

Nama Ricky Kambuaya menyita perhatian penggemar sepak bola Tanah Air saat tampil impresif pada Piala AFF 2020 di Singapura.

Sementara itu, Rachmat Irianto adalah pemain asli Surabaya jebolan kompetisi internal Persebaya yang ditempa di Klub Indonesia Muda sebelum masuk skuad Persebaya senior di usia 17 tahun pada 2017.

Pemain kelahiran 3 September 1999 itu kemudian masuk Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri.

Bahkan, putra dari legenda sepak bola Indonesia, Bejo Sugiantoro itu ditunjuk sebagai kapten dalam Piala AFF U-19 2017 di Myanmar. Seperti Ricky, Rachmat juga merupakan bagian dari pasukan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PSIS Semarang (@psisfcofficial)

Sebelumnya, PSIS Semarang secara mengejutkan mengumumkan perekrutan Carlos Fortes dan Taisei Marukawa sekaligus pada Jumat (1/4/2022). Kepindahan dua pemain berlabel bintang tersebut memberi sinyal keseriusan Manajemen Mahesa Jenar yang berani pasang target juara di musim depan.

Baca Juga: Punya Fortes dan Marukawa, PSIS Berani Targetkan Juara

Setelah hanya finish di peringkat ketujuh musim lalu, PSIS bergerak cepat dengan merekrut pemain-pemain papan atas. Pergerakan transfer Tim Ibu Kota Jateng tidak berhenti pada Fortes dan Marukawa, sejumlah pemain top juga dikaitkan dengan Mahesa Jenar, di antaranya kiper Awan Setho Raharjo dan bek Persebaya Arif Satria.

Tim ini juga sudah mengamankan top skor klub di Liga 1 2021/2022, Jonathan Cantillana. Pemain berpaspor Chile-Palestina itu punya peran vital bagi PSIS Semarang sejak bergabung di paruh musim Liga 1 2019. (ant/*)

Tri Wuryono