in

Pemprov Jateng Galau, Aset Tlogo Wening Justru Dijadikan Rest Area

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemprov Jateng terkesan tak punya konsep dalam mengembangkan asetnya. Setelah rencana pembangunan Jateng Park tak jelas, kini Tlogo Wening justru akan dijadikan rest area jalan tol.

Sebelumnya, Tlogo Wening di bilangan Rawa Pening, Tuntang, sempat disebut-sebut akan dijadikan objek wisata pengganti Jateng Park. Kini rencana itu telah berubah. Tlogo Wening akan dikemas menjadi rest area terpadu dengan objek wisata alam. Rest area tipe A ini pun diklaim menjadi satu-satunya rest area yang dikelola pemprov.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Jateng, Peni Rahayu menjelaskan, lokasi Tlogo Wening yang berdekatan dengan jalan tol Semarang-Salatiga, lebih cocok dijadikan rest area ketimbang objek wisata saja. Dengan begitu, pengguna jalan tol yang istirahat di rest area, bisa jalan-jalan sambil menikmati wisata alam yang disuguhkan.

“Ini rest area tipe A yang sudah ada mushola, pom bensin, dan fasilitas lain. Disebut rest area terpadu karena terpadu dengan pariwisata. Jadi nanti disediakan mobil khusus sebagai armada mengelilingi objek wisata di sana,” ucapnya, Kamis (17/1/2019).

Rencana terebut baru mendapat dukungan dari Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai operator jalan tol. TMJ telah mengeluarkan surat persetujuan sebagai salah satu tiket pemprov merealisasikan rencananya.

Kini, proyek pembangunan baru berproses pada perizinan prinsip dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Kami sudah paparan masterplan satu kali. Semoga tahun ini bisa mulai dibangun,” harapnya.

Pembangunan rest area terpadu di atas lahan milik Pemprov Jateng ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, hanya membangun rest area tipe A dengan nilai invenstasi Rp 80 miliar.

“Total lahan milik pemprov disitu ada 7 hektare lebih. Yang untuk rest area hanya sebagian saja, sisanya untuk objek wisata. Yang pembangunan objek wisata, mungkin baru bisa dimulai tahun depan,” terangnya. (*)

editor : ricky fitriyanto