in

Pemkot Janjikan Bantuan untuk Pedagang Relokasi Pasar Johar

Sebanyak 1.168 pedagang yang terdampak kebakaran relokasi Pasar Johar Semarang.

Seorang pedagang melihat kebakaran tempat relokasi Pasar Johar Kota Semarang, Rabu (2/2/2022). (antara/ho-dokumentasi)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemerintah Kota Semarang menyiapkan bantuan untuk para pedagang yang terdampak kebakaran tempat relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (2/2/2022) malam.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi turun langsung memantau proses pemadaman kebakaran relokasi Pasar Johar. Melalui unggahan di akun media sosial miliknya, pria yang akrab disapa Hendi ini juga terlihat berusaha menenangkan para pedagang.

Baca Juga: Relokasi Pasar Johar Semarang Kebakaran

“Sabar Pak, tenang ya Mas,” ucap Hendi ketika seorang pedagang menghampiri dirinya.

Menurut dia, prioritas utama saat ini adalah memadamkan api. “Kami kerahkan segala upaya teman-Damkar Kota Semarang untuk memadamkan api. Terima kasih juga untuk bantuan dari Brimob Polda Jateng, Polrestabes Semarang, Damkar Kudus dan Demak,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pemerintah akan mengupayakan agar para pedagang tetap bisa berjualan. “Setelah ini saya pastikan pemerintah akan memberikan bantuan agar para pedagang masih bisa berjualan,” katanya.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, sebanyak 1.168 pedagang yang terdampak kebakaran relokasi Pasar Johar Semarang, yang terdiri dari 602 pedagang di Blok E dan 566 di Blok F.

Api melalap area Blok E 1-E8 dan Blok F1-F8 pasar tersebut. Dugaan sementara sumber api berasal dari bagian Blok F4. (*)

Tri Wuryono