in

Kronologi Kebakaran Relokasi Pasar Johar Semarang

Api dari F4 terus menjalar dengan cepat mulai F1 sampai F9.

Sejumlah orang berada di sekitar tempat relokasi Pasar Johar yang terbakar, Rabu (2/2/2022) malam. (antara foto/aji styawan)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Petugas dengan puluhan kendaraan pemadam kebakaran berusaha memadamkan kebakaran di tempat relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang, Rabu (2/2/2022) malam. Sumber api diduga berasal dari bagian F4 pasar tersebut.

Salah seorang petugas keamanan setempat, Yono, menyebutkan api mulai terlihat dari bagian F4 pada sekitar pukul 18.30 WIB.

“Api dari F4 terus menjalar dengan cepat mulai F1 sampai F9,” katanya.

Kendaraan damkar dan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang terlihat hilir mudik menyemprotkan air ke arah titik-titik kebakaran dengan dibantu para pedagang.

Baca Juga: Relokasi Pasar Johar Semarang Kebakaran

Bahkan, Kepolisian Daerah Jawa Tengah menerjunkan kendaraan penyemprot air untuk membantu proses pemadaman kebakaran.

Kobaran api yang cukup besar masih terlihat di bagian F1 hingga F9 tempat relokasi Pasar Johar.

Sejumlah pedagang yang menempati relokasi terlihat pasrah melihat lapak-lapak dagangannya terbakar. Mereka juga turut membantu petugas damkar dan berusaha menyelamatkan barang-barang.

Kendala Pemadaman

Sementara itu, kerumunan warga di sekitar lokasi terbakarnya tempat relokasi Pasar Johar menyulitkan pemadaman kebakaran oleh petugas bersama para pedagang.

Beberapa kali petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang dan sukarelawan berteriak meminta warga, baik yang berdiri maupun menggunakan sepeda motor, tidak memadati jalan yang menjadi akses kendaraan damkar menuju titik-titik kebakaran.

Banyaknya warga yang ingin menonton kebakaran itu membuat jalanan macet, termasuk akses jalan menuju tempat relokasi Pasar Johar.

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tiba di lokasi kebakaran menegur langsung warga yang menutupi akses jalan.

“Minggir Mas, ini buat jalan pemadam kebakaran. Pak polisi, ayo ini jalan dikosongkan biar pemadam bisa lewat. Sekarang Pak, ayo semua minggir,” teriak Ganjar kepada warga yang memenuhi jalan.

Hingga Rabu, pukul 21.30 WIB, titik-titik api masih terlihat pada bagian F1 hingga F9 Pasar Johar Relokasi. (ant)

Tri Wuryono