in

PDI Perjuangan: Ganjar-Yasin Paling Sedikit Raih 61,6 Persen Suara

SEMARANG (jatengtoday.com) – DPD PDI Perjuangan Jateng menyebut pasangan Ganjar-Yasin paling sedikit meraih angka kemenangan 61,6 persen pada Pilgub Jateng 27 Juni ini.

Prediksi tersebut didasarkan pada hasil survei harian pada 25 Juni. Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto mengatakan angka 61,6 persen merupakan perkiraan suara minimal. Sementara angka tengah 65,4 persen. Sedangkan angka optimal yaitu 71,6 persen. “Pembuktiannya bagaimana? Ya kita lihat besok hasilnya,” katanya pada acara Halal Bihalal DPD PDI Perjuangan Jateng dengan Media Massa di Panti Marhaen, Selasa (26/6) malam.

Angka itu digadang-gadang cukup akurat. Pasalnya PDI Perjuangan mengadopsi survei dari Gallup Consulting, Amerika Serikat. Survei tersebut sempat diterapkan di Pilpres Korea Selatan. “Belajar dari Pilgub DKI Jakarta lalu, kami cari tahu cara survei harian. Hasilnya ini,” katanya dalam acara yang ikut dihadiri Wasekjen DPP PDI Perjuangan Utut Adianto itu.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu menegaskan, dari survei harian yang dilakukan, elektabilitas Ganjar-Yasin sempat turun hingga 2 persen dalam dua hari. Tapi setelah dikroscek di lapangan, ketahuan penyebabnya. “Jadi dari survei harian ini, kami jadi punya early warning system. Begitu turun, langsung cari tahu. Ketahuan, digarap, besoknya naik lagi,” bebernya.

Secara akademik, lanjutnya, perolehan suara memungkinkan mencapai angka maksimal dengan distribusi normal. “Tapi yangg paling masuk akal (perolehan suara) 65,4 persen. Pergolakan malam ini diprediksi akan membuat angka 61,6 tetap aman,” tandasnya. (ajie mahendra)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.